Pengalaman Korban Carding Kartu Kredit BCA (transaksi illegal/kartu kredit di HACK)

Holla !
Jadi disini aku mau share kejadian CC BCA aku kena carding pada Oktober 2019 lalu. Ada dua hal yang bisa gue tekankan dari kejadian carding kartu kredit ini, yakni :
Pertama, kejadian carding ini terjadi dalam waktu yang sangat sangat singkat.
Kedua, hingga saat ini aku tidak tahu pastinya penyebab CC BCA aku bisa kena carding.

Sebelum cerita ke kronologis, aku akan bagi topik ini menjadi dua segment. Segment pertama menjelaskan kronologi terjadi kejadian carding (include apa itu Carding). Segment kedua menjelaskan tentang solusi penyelesaiannya oleh gue dan tim BCA.

Kronologis Kejadian :
Masih teringat jelas, terjadi di hari Sabtu. Karena semua itu bermula ketika aku baru sampai dari kursus Bahasa inggris di Salemba UI. Fyi, setiap pergi les aku selalu mengendarai motor pribadi dari Salemba UI ke kostan. HP selalu aktif ketika aku mengendarai motor tetapiiii ya buat memang dengerin spotify di jalanan, hehe.

Kursus selesai pukul 17.00, jadi perkiraan sampai kost yakni jam 18.00. Baru sampai kostan, masukin motor ke kostan, rebahan dikasur, baru deh buka buka HP. Ternyata sudah ada 1 panggilan tak terjawab dari nomor tak dikenal (yang ternyata aku baru tahu ini adalah nomor Kantor Bank BCA) daan kemudian ada 2 buah SMS masuk berbunyi dua hal yang sama yakni :

"Yth.Ibu SARAH konfirm trx kartu 455xxxxxxxxxxxxx  Steamgames.com USD 50 tgl 26/10/19 Saat ini kami blok sementara. Hub HALO BCA 1500888 segera"

Gambar 1. Dua sms notifikasi dari BCA

Dua SMS berisi pesan yang sama, dikirimkan pada pukul 18.20 dan SMS kedua berselang cuma beberapa menit setelah SMS pertama.

Anehnya aku tak panik sama sekali sih, HAHAHAHA. Ya karena ketika membaca ini, cuma mikir. Oh yowes aman, toh udah diblokir dan kedua transaksi ini gagal.
Jadi sempet sholat magrib dulu, baru akhirnya lanjut mikirin ini dua sms kenapa bisa muncul wkwkwk.

Setelah selesai sholat, aku baru mencoba menelpon CS BCA melalui 1500888. Dan cepat seperti biasa, setiap nelpon CS BCA pasti langsung diangkat. Tidak seperti CS bank lain yang kudu berjuta juta kali nelpon baru kesambung (yap ini salah satu alasan aku setia pakai BCA karena sangat mudah dihubungi hehe).

Intinya, dari pembicaraan bersama CS.
Aku baru tahu.....ternyata memang 2 transaksi digagalkan dan kartu CC sudah terotomatis diblokir oleh pihak BCA.

Tapi ternyata....2 transaksi tersebut adalah transaksi ke lima dan transaksi keenam.

Bingung kan? wkwkwk
Intinya, ada seseorang yang telah melakukan empat buah transaksi, tepat di website Steamgames.com dan bernilai sama yakni 50 USD untuk tiap transaksi. Dan keempat transaksi yang berhasil ini, baru gue tau bahwa ada notifikasi nya , tetapi melalui email daan bodohnya alamat email ini adalah alamat email yang jarang gue bukaa (KESALAHAN FATAL PERTAMA SARAH AZZAHWA : menggunakan alamat email internet banking menggunakan alamat email yang jarang dibuka)
Gambar 2. Penampakan isi inbox email gue pas gue buka abis magrib ! OMG EMANG ADA 4 TRANSAKSI TERNYATAA

Gambar 3. Ini isi email transaksinya dan yap transaksi terjadi pada pukul 17.59 WIB, selisih 20 menit dari transaksi terakhir yang gagal

Jadi intinya, terdapat 6 buah transaksi di Steamgames dengan rincian transaksi pertama hingga keempat berhasil dan transaksi kelima dan keenam gagal.

Dan bener dong, ketika aku cek melalui aplikasi MBCA....Saldo limit CC BCA sudah berkurang sebanyak 2jutaan. Tetapi inti nya, untuk saat ini karena benar bahwasanya transaksi di Steamgames.com  bukan oleh dilakukan oleh sepengatahuan gue, dan karena terjadi transaksi illegal tersebut maka CC BCA aku sudah diblokir selamanya secara sepihak oleh BCA. WKWKWKW

Kesimpulan dari telpon dengan CS BCA di nomor 150088 adalah aku harus membuat laporan melalui email. Laporan email tersebut merupakan tindak lanjut dari telepon CS BCA. Nanti setelah telepon berakhir, aku akan diberikan sebuah nomor ID laporan dari pembicaran telepon gitu deh.

Segmen Kedua : How to report this Fraud 

Pertama, diawali dengan aku yang di telepon oleh tim Fraud BCA
Masih inget kan ada bagian dimana terdapat sebuah panggilan tak terjawab dari nomor telepon dikenal? Nah tepat setelah aku selesai nelpon CS BCA 1500888, Nomor gak dikenal itu menelpon lagi. Dan ternyataa nomor nya kantor BCA terutama bagian tim fraud investigation BCA.

Intinya mas mas tim fraud nelpon, kalau mereka (tim fraud BCA) yang inisiatif duluan melakukan tindakan blokir kartu kredit aku ketika melihat beberapa transaksi aneh yang dilakukan secara cepat dan berturut turut (HAHAHA, pelajaran neh buat para maling dan pelaku carding, maunya pelan pelan aja dulu kalo maling. Jangan langsung rakus gitu).

Masnya nelpon buat mastiin sih, apakah benar itu transaksi aku atau bukan, karena mereka mengambil keputusan sepihak yakni blokir sementara. Terus aku jelasin bahwa benar itu transaksi ilegal dan aku juga sudah membuat laporan ke CS BCA dengan nomor ID laporan sekian.


Gambar 4. Ini isi email dari tim Fraud BCA yang menanyakan kebenaran transaksi ini

Nah beruntungnya akuuu dari kasus carding ini satu : Pihak BCA yakni tim investigasi fraud BCA adalah pihak pertama yang menyadari kasus transaksi illegal. Bukan aku pihak nasabah yang menyadari duluan. Baek banget kan BCA wakakakakak. Karena pada kasus carding kebanyakan (jika kalian googling), kan nasabah yang harus aktif mulai dari laporin duluan bahkan menulis surat pernyataan.

Kedua, Otomatis gue langsung membalas email untuk menyanggah semua transaksi nista tersebut seperti ini (tak lupa bonus super CAPLSOCK dan digaris tebalkan wkwk) :



Gambar 5. Ini isi email balasan sanggahan aku

Jadiii, mas tim Fraud BCA ini membalas email gue , untuk mengirimkan dokumen yang harus gue tanda tangani sebagai pernyataan bahwa betul transaksi itu illegal. Kurang lebih seperti ini :
Sehubungan adanya sanggahan transaksi kartu kredit, untuk pengembalian dana mohon dapat mengirimkan kembali :

- Surat Pernyataan Pemegang Kartu ( Statement Of Claim ), dan

- Data Transaksi Yang Disanggah dengan melengkapi fotocopy KTP pemegang kartu.

Nah intinya,  email dari tim fraud BCA juga melampirkan sebuah dokumen berisi dokumen berjudul 'Statement of Claim seperti ini. Intinya gue hanya perlu print dokumen lampiran email mereka, tanda tangan, scan terus email balik deh.


Gambar 5. Contoh tampilan SoC / Statement of Claim


Hal ketiga adalah : inti yang gue lakukan adalah tinggal print itu  dokuemen SoC /Statement of Claim yang udah tim fraud BCA bikinin (bahkan mereka udah melampirkan detail transaksi illegalnya apa aja, besarnya berapa , dsb). Gila ya, gue aja gatau loh kalo lampirin nya harus seperti apa kalau bukan tim Fraud BCA yang menyiapkan semuanya wkwk. Tampilan lampiran pertama dari SoC gue berisi detail transaksi seperti ini:



Gambar 5.  SoC wajib melampirkan detail transkasi illegal yang ingin disanggah

Dan halaman ketiga adalah scan dokumen KTP gue. Oh ya BTW kalau ada yang mau minta format SoC ini boleh banget hubungi guee melalui email pribadi guee yaaa :) hehe

Nah selain print dokumen SoC dari tim fraud BCA itu, gue juga diwajibin scan dokumen KTP gue. Lalu 2 dokumen tersebut gue kirim ke tim fraud BCA.


Gambar 6.  Email gue yang mengirimkan SoC+Lampiran Transaksi Illegal+Scan KTP

Tak lupa gue membuat email baru ke halo BCA berisi 2 dokumen ini dengan subjek email berisi ID nomor laporan gue yang tadi setelah gue telponan ama CS BCA (tentu dengan meng-CC email tim fraud BCA ini).

Terakhir : Menunggu dan Berdoa yang banyak ke TYME.
Hanya menunggu sekitar kurang dari dua minggu, tanpa ada notifikasi apapun. Tetiba pas aku cek saldo kartu kredit melalui m-BCA, ternyata saldo ku sudah bertambah. Dari awalnya berkurang sebesar Rp 2jutaan karena transaksi illegal di seagames, sekarang sudah bertambah lagi sebesar Rp 2jutaan yang sama.

Dan proses selanjutnya : penerbitan kartu kredit BCA baruu.
Kartu baru ini prosesnya memang agak lama sih, karena aku sudah pindah alamat kostan di Jakarta, walhasil baru sekitar awal Desember, kartu kredit ini sampai di alamat rumah dan bisa digunakan kembali.


Kalau aku ditanya orang, kapok gak pake kartu kredit?
Ya enggak lah hahaha, karena menurut ku, untuk melatih diri dalam manajemen finansial, kartu kredit itu menjadi suatu hal yang dibutuhkan dan mendorong kita untuk melek finansia.



Komentar

Health mengatakan…
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Sarah Azz mengatakan…
@Health Sudah aku kirim yaa ke email gmail di atas.
Semoga cepat kelar permasalahannya !
Terima kasih sudah membaca
Dewi mengatakan…
Saya juga barusan mengirim form sanggah atas 2 transaksi yg tidak sy lakukan, mohon doa semoga prosesnya diterima dan dana dibalikin... Spt kasus mba nya
Owner blogs ajetjet mengatakan…
@dewi
waduh. Semoga segera dianulir ya mbak oleh pihak BCA. Amiiin.
Kadang aku masih penasaran ampe detik ini, gak tau itu kenapa bisa bocor dan bocornya darimana informasi kartu kredit saya, apa itu karena belanja di website tertentu atau karena belanja di toko mana.

Kadang kesel, kalau gak tau bocornya dimana, jadi kita gak bisa lebih berhati-hati. Semoga kasus Mbak Dewi segera tuntas ya .
Dewi mengatakan…
iya mba, saya juga bingung.... kalau dalam kasus mba nya sepertinya lancar saja ya prosesnya dan tidak terlalu lama.. semoga dlm kasus saya juga cepat... apalagi nominalnya sangat besar bagi saya dan di masa pandemi gini saya di rumahkan dari pekerjaan tetap saya sdh hampir 2 tahun , dan sekarang saya hanya kerja freelance aja
Owner blogs ajetjet mengatakan…
amiinnn. Iya mbak Dewi, semoga solusinya cepet ya. Masih sama sama kartu kredit BCA kan ya ? Kasus saya kemarin ga sampe 2 minggu, semua sudah kelar urusan hacking CC ini, bahkan gak mengeluarkan uang sepeser pun.
Malah proses yang lama pas urus penerbitan CC baru, itu juga karena kendala alamat saya yang berubah untuk alamat pengiriman hehe.
Selama ini pengalaman saya dengan CS BCA selalu lancar jaya baik CC maupun produk rekening yang biasa.

Semoga lancar segala urusan Mbak Dewi !
Fryuke mengatakan…
Hi Mba,

barusan saya juga kejadian dr steam games & steam purchase, sudah kirim soc yang saya buat sendiri juga, semoga cepet selesai yah masalah saya ini.
Sarah Azz mengatakan…
@fryuke
halo kak. waduh kok bisa sama persis ya nama web hacker nya?
Semoga cepet kelar ya amiiin. kejadian saya kmren, proses BCA nya cepet sih, ga sampe 2 minggu bahkan.
Sthef mengatakan…
Hi mba, jadi main ke blog ini karena barusan kejadian yg sama kebobolan dari steamgames itu hadehh, tapi KK mandiri. Cuma aku yang blokir duluan abis dapat WA notif dari Bank Mandiri kalau ada 2 transaksi di steamgames, mata uangnya Yen donk 🙄. Semoga Mandiri bisa fair seperti BCA ya. Kalau di Mandiri infonya proses investigasi bisa 45-180 hari kerja, wadidaw. Sampe sekarang masih panik n deg2an.
Sarah Azz mengatakan…
@sthef :
laah??? sama sama steamgames, cuma beda di mata uang (aku US Dollar) dan bank kartu kreditnya ya.
Kalo boleh tau, ada curiga bocor dimana gak kira kira info cc kita? Aku emg parah sih, pake cc ini di banyak tempat mulai dari Kulina, Traveloka, Tokopedia.
Aku gak tau deh diantara tempat2 ini, bocor datanya dimana, tapi aku yakin pasti gara gara transaksi aku di platform digital ginian.

Wkwkw busyet 45-180 hari kerja ya. Semoga deh gak lama lama banget. Jujur aku merasa beruntung juga milih BCA buat perkartu kreditan ini, wkwk. CS nya tanggap banget sih (eh malah jadi promosi wkwk).
Fryuke mengatakan…
iyaa mba, makanya saya search di google ternyata banyak loh, n ini juga ada yg kena lagi. heran yah pdhl ud pake system OTP tetep kebobol loh,

@Sthef : sama saya juga Yen & New Zealand dollar lohhhh

semoga ga ada yg kena lagi yaaa
Sthef mengatakan…
@Sarah: Nah itu masalahnya, kartu kredit ini memang banyak aku pake untuk transaksi online. Jadi bocor dimana ya bingung juga hehe, yang pasti kartunya aman di rumah. Yang pasti pas kejadian ini ga ada OTP masuk, tapi tiba2 dapat notif ada transaksi. Dan kejadiannya cepat banget, aku blokir itu ga sampe 5menit dari notif transaksi pertama, tapi dia udah keburu sempat transaksi kedua, bocah lucknut (anggeplah yg maen game bocah, atau kelakuannya yang bocah hahaha).

Sekarang cuma berdoa penanganan Bank Mandiri bisa sama cepat dan juga bisa membelankita sebagai pihak nasabah yang dirugikan ya. Soalnya tadi baca2 juga banyak yang ujung2nya tetap ditagihkan ke nasabah. Nanti aku update klo kasusku udah ada resolusinya ya.
Nita Novita mengatakan…
Mampir kesini karena baru merasakan hari ini transaksi di UBER menggunakan USD juga sampai 3x baru yang ketiga dapat email dan SMS lagi proses . Semoga seperti kakaknya lancar dan dana balik lagi ke limit .
Sarah Azz mengatakan…
@fryuke : nah kadang pengalaman aku. ada transaksi di web2 online/aplikasi yang kalo pake CC, dia ga pake OTP. Kadang bingung juga kenapa ada pake OTP, ada yang ga pake OTP. huhu

@Sthef : mantap. berkabar yo mas. Semoga aja deh ga berlarut larut. Lumayan juga sharing pengalaman disini karena Mas nya CC Bank Mandiri. Kalo kasus aku kan CC BCA

@Nita : waduh ada korban lainnya juga :( turut berduka mba nita. semoga dana kembali dan proses nya cepat ya. Yang mba nita kasusnya beda ya, Uber. Artinya orang luar negeri kalo UBER. Kalo orang indo, kita kan cuma pake grab ama gojek, uber juga udh gak ada lagi di indonesia.

Postingan Populer