Pengalaman DELF B2 2021 : Pendaftaran dan Pembayaran

Akhirnya ! Setelah ditunggu, IFI melalui akun instagramnya telah mempublikasian poster berikut :

Apa artinya? Ini berarti, pendaftaran ujian sertifikasi bahasa perancis (DELF) telah dibuka ! Yeay !!!! Sejak tahun 2015 hingga sekarang, saya telah belajar bahasa perancis di IFI dan sekarang saya akhirnya memutuskan untuk mengambil ujian sertifikasi bahasa perancis. Alasannya kenapa? Apakah untuk S2? 

Hmmm enggak juga sih. Alasan saya ikutan DELF karena ingin dapat pengakuan resmi aja bahwa saya memang mampu berbahasa Perancis. Menurut saya, agak omong kosong dan agak gak guna aja ya, kalo udah bayar mahal-mahal dan capek-capek ikut kursus Perancis tapi gak ikutan DELF. Karena bagaimanapun, jika ingin mencantumkan kemampuan bahasa perancis ke CV atau sekada ingin pamer bisa bahasa perancis, ya bukti kuatnya tentu harus ada sertifikat bahasa resmi. Apalagi jika tidak ada pengalaman hidup lebih dari 2 tahun di negara franchopone. Eh tapi kadang hidup di negara berbahasa Perancis juga belum dapat menjadi jaminan apakah seseorang bisa berbahasa Perancis atau enggak sih. Well short story is, intinya apapun bahasa yang saya pelajari, sangat penting untuk mendapatkan sertifikat bahasa resmi dari ujiannya. Kalo Bahasa inggris ya ikutlah TOEFL/IELTS, kalau bahasa Jepang ya ambil ujian JLPT, kalo bahasa arab ya ambil TOAFL, dst dst.

 Nah rangkaian postingan kali ini akan saya dedikasikan untuk membahas pengalaman saya selama mengikuti DELF B2 dan tentu saja dimulai dari pendaftaran !

1. Menuju Laman Pendaftaran

Jadi setelah terkonfirmasi IFI memutuskan untuk tetap menyelanggarakan tes DELF bulan Maret meski sedang ada pandemi COVID-19, jadi halaman selanjutnya adalah membuka tautan pendaftaran : https://linktr.ee/DaftarDELF



Tampilannya akan berbentuk seperti gambar di atas. Karena saya kebetulan berdomisili di Setiabudi Jakarta Selatan, terutama di Setiabudi, maka akan lebih dekat jika saya mengambil ujian DELF di IFI Jakata Thamrin dibandingkan IFI Wijaya. 

2. Mengisi Formulir Pendaftaran Online

Setelah memilih lokasi, kita akan diarahkan untuk mengisi beberapa informasi. Aku urutkan ya :

  1. Mengisi nama lengkap
  2. Mengisi jenis kelamin (Homme-Laki laki/ Femme - Perempuan)
  3. Mengisi Tanggal lahir (formatnya DD/MM/YYYY)
  4. Mengisi Kota Kelahiran 
  5. Mengisi Negara Kelahiran
  6. Mengisi Kewarnegaraan
  7. Mengisi informasi terkait Bahasa Ibu
  8. Mengupload dokumen identitas (Khusus untuk bagian ini, saya sendiri mengunggah dokumen foto KTP saya dengan format JPG. Untuk batas ukuran file maksimum adalah 10 MB)
  9. Mengisi alamat persuratan (Untuk bagian ini, saya lebih nyaman menggunakan alamat kantor dibandingkan alamat rumah orang tua atau alamat kost saya di Jakarta)
  10. Mengisi nomor telepon yang aktif (terutama nomor whats app yang aktif)
  11. Mengisi alamat email
  12. Mengisi informasi mengenai dimana sebelumnya anda belajar bahasa Perancis 
  13. Mengisi motivasi anda mengambil ujian DELF (saya pribadi untuk alasan profesional, karena ingin mencantumkan ke dalam CV sih)
  14. Mengisi informasi apakah sebelumnya pernah mengikuti ujian DELF/DALF
  15. Jika nomor 14 anda jawab Ya, pernah mengikuti. Maka pertanyaan selanjutnya adalah memasukan informasi mengenai nomor peserta DELF sebelumnya (Silakan lihat di attestation atau diplôme DELF Anda)
  16. Mengisi informasi lokasi detail ujian DELF di Jakarta nanti (saya memilih IFI Thamrin)
  17. Memilih opsi tipe Ujian manakah yang akan Anda ikuti. Ada 3 Pilihan, namun saya memilih DELF Tout Public
  18. Memilih level ujian (untuk ini saya memilih B2). Oh ya, setiap tingkatan akan tertera harga. Untuk B2 sendiri harganya adalah Rp 680.000 (ada kenaikan sebesar 100.000 dari tahun 2019 huhu)
  19. Memilih opsi bahwa kita telah mengerti syarat dan ketentuan ujian, dan menyetujuinya 

Apabila sudah sampai di laman terakhir, maka layar akan memunculkan informasi mengenai tata cara pembayaran. Nah selain itu, 5 menit setelah saya mengisi formulir, maka ada sebuah email notifikasi masuk dari IFI yang juga menginformasikan mengenai cara pembayaran (terlampir dibawah). 

 Yang saya pahami dari email ini, pembayarannya tidak ada batasan waktu sih. Tapi sepertinya agak bahaya sih yaaa jika baru dibayar 1 minggu setelah wkwk. Jadi lebih baik pembayarannya dilakukan secepatnya.

3. Melakukan Pembayaran

Setelah melakukan registrasi, saya langsung melakukan transfer pembayaran. Sayangnya karena rekening bank saya bukan ANZ Indonesia maka saya akan terkena biaya 6500 dari bank huhu. Hal-hal yang harus diperhatikan ketika melakukan transfer pembayaran :

  1. Lebihkan Rp 1 di ujung nominal pembayaran. Jadi karena saya ambil B2 yang harganya Rp 680.000, maka tentu saja transfer yang saya lakukan adalah Rp 680.001
  2. Pada kolom keterangan transfer/berita, masukan nama lengkap kita

4. Melakukan Konfirmasi Pembayaran

Setelah sukses melakukan pembayaran, maka tahapan selanjutnya adalah saya mengirimkan sebuah email kepada dua alamat email administrator IFI yakni : lusiana.nouruddina@ifi-id.com opik.hidayat@ifi-id.com. Dalam email ini, subjek yang saya gunakan adalah "BUKTI PEMBAYARAN DELF B2- Sarah Azzahwa". Tidak ada ketentuan baku sih.

Saya juga melakukan konfirmasi pembayaran melalui nomor whats app administrasi IFI yakni +622123557952. Intinya, bebas aja ya mau melalui email atau whats app




Jadi setelah mendaftar, melakukan pembayaran dan mengirimkan bukti pembayaran, waktunya untuk menunggu dengan manis.Semoga semuanya lancar dan doakan yaa saya lulus DELF B2 nya.


Au revoir ~~



Postingan dan Pengalaman terkait DELF B2 :

  1. Hasil Ujian DELF B2 : klik disini
  2. Pengalaman ikut ujian DELF B2 di tengah pandemi corona Maret 2021 : klik ini
  3. Lanjutan pendaftaran DELF B2 ketika mendapatkan dokumen lettre de convocation DELF : klik disini 
  4. Cara daftar DELF B2 di IFI Thamrin Sesi Maret 2021: klik ini
  5. Alasan personal kenapa langsung DELF B2 tanpa ikut DELF B1 : klik ini



Komentar

Postingan Populer