Debat Politik Pelajar (Part II)

And finally, we've got the email that state
CONGRATULATION, YOU ARE THE CHOOSEN TEAM THAT WILL DEBATING IN PDKP BABEL.

Okay, its means we still have many things to do and prepare now, yeahhh we'll gonna rock you PDKP Babel. Karena itu kita udah prepare like i told you in my previous post. Pulang cuma buat tidur-mandi-makan. Jadi karena sekolah kami belum pernah ikutin kegiatan debat politik ini sama sekali, i means hell yeah we are the first generation of smansa that follow this !

Lucikly si Gugun punya kenalan mahasiswa yang udah pernah menangin lomba debat politik di kancah nasional gitu. Beerguru daah kami , 2 tim, dengan si Abang Ancah ini. Kami yang awalnya bener2 ga tau, ga punya gambaran sama sekali ttg apa itu debat politik, bagaimana cara jalannya nanti, langsung dibimbing and di jawab semua pertanyaan. SMANSA cuma dapat bimbingan dari Abang Ancah ini sehari, yaitu Jumat, 2 hari menuju Hari H.

Terus abang Ancah ini cerita katanya ia udah ngajarin SMK 3 juga, malah SMK 3 udah minta ajarin jauh 1bulan sebelum lomba. And us? We just got 1 day of guidelines !!! A M A Z I N G !!!

Gue ga tw ini strategi si abang buat kami down atau kami harus berterima kasih karena telah mengetahui rahasia lawan sebelum bertanding. I dunno, I just feel both of them -,-, but well he also state that :

SEHEBAT DAN SEBERPENGALAMAN APAPUN LAWAN DEBAT ANDA
JIKA DEBAT BARU DSIMULAI, SEMUA SCORE KITA SAMA
0-0


And here come Sunday, the Day !!! Today where I post this (12 Dec.2010)
Jam 8.00 kami berempat semua udah kumpul di sekolah buat pergi bareng ke PDKP karena cuma si Gugun ama Fadhila aja yg tau dimana lokasinya.

Nyampe disana jam 8.30, dan sudah banyaak banget para peserta yang berkumpul dari berbagi daerah Bangka Belitung tentunya *ya eyalaaah, provinsii getoo*. Dan saya kageet plus seneeng banget, disini saya banyaak ketemu rival-rival saya pas lomba debat bahasa inggris kemaren, hahahaa.

Dari Koba, ketemu ama si Leonardo Di Caprio, Dea juga si AMoy2 dudud dari Jebus *saya gataunamanya* , pokoknya banyak banget daah ketemu ama mereka. Well no wonder, because actually Debat politik and Debat bahasa inggris basically just the same, that is : DEBATING, DEBATING AND DEBATING, right ?



Baru nyampe kami langsung di suruh registrasi ulang dulu ke panitia nya, eeeh pas registrasi dapet ID Card plus note keciil yang cover depannya DEBAT POLITIK PELAJAR. Ouch, so cute notenyaa :3, panitianya emang niat banget kayaknya bikin lomba ini *saluutee*

Me holding the note

And teeng, 9.00 the party begins !
And ini juga yang menjadi perbedaan besar antara debat bahasa inggris ama debat politik selain bahasa pengantar dan tim yang berdebat. Yaitu bakalan ada 5 sessi untuk hari ini yang dilakukan. Jadi bukan seluruh sessi dilakukan secara bersamaan di waktu yg berbeda. Tapi 5 sessi ini bergantian dan tempatnya sama, gitu. And my tim, kita dapat sessi yang ke-4. Least, but not the last :)

Yah walopun makan waktu lama buat nunggu giliran sesi, tapi menguntungkan buat tim kami, mengingat ini adalah pertama kalinya ikut lomba ginian, belum ada pengalaman sama sekali. Yah jadi kami sebelum ke sessi kami, setidaknya kami udah ada gambaran proses dan jalannya debat politik ini begitu begini d.el.el, ga cuma teori doank.

langsung analisa serius ama Si gugun pas nonton sesi-nya orang lain



Sesi pertama di mulai, daaan pesertanya langsung dari SMK 3, yups a tim that has doing preparation for 1 WHOLE MONTH with bang Ancah ! And yes, we can see clearly the proud in their faces. Yaaa sapa yg ga PD cobaa, udah ngelakuin persiapan berbulan2, sedangkan kami? 3 hariii ! wkwkwkwk, well just see the games, guys !

And after minutes to minutes, eeeh setelah menyaksikan sessi pertama, si SMK 3 ini lebih emosional bangeet dah diantara tim-tim yang lain. Suara paling lantang, aah pokoknya keliatan banget emosinya pas mereka ngajuin pendapat. I mean, kan dijelaskan kalo salah satu kriteria penilaiannya mengatakan kalo yg dinilai itu "elegan", ke-elegan-an anda berbicara (gaya bicara anda) yg berarti semakin besar gaya bicara kita menimbulkan konflik artinya semakin jauh dari kata "elegan". And?

What the? Sumpaah, kalo pandangan saya sih dan dibandingin tim lain, tim mereka esmosian deh -,-. Jadi ga bisa nentuin juga mana yg bagus, abis SMK 3 juga terangkat karena tim mereka yang paling aktif berbicara, well just let the Judge give the mark !

And yang paling bikin shock adalah pas sesi ketiga. Yups, one of the participant is my friends. Kenalan pas debat bahasa ingg dulu, si AMoy2 dudud *saya ga tau namanya*. Well, awalnya gue nilai *heeemm...tim ini ga mungkin menang deh, abis pas debat bahasa ingg dulu si amoy2 ini ga begitu aktif deehhh"

eeh ga taunyaa, ternyata si amoy2 dudud inii, ANJING KERENN BANGET cara dia debatnya. Lucu, dan lebih real banget proven yang dia kasih. Ga seserius and se-esmosi SMK 3 tentunya, ampe2 jurinya dibuat ketawa denger penjelasan si Amoy2 dududh saking deskriptif ia berargumen. Huaaa, gue telah meremehkan lawan , yah dapat gue tarik kesimpulan mungkin kmren pas di debat bahasa inggris, yg bikin dy ga bisa kayak gini kendalanya adalah di penguasaan BAHASA INGGRIS nya, right? GOshh, ane baru aja meremehkan seseorg yg padahal saingan terberaat anee *istighfar 3x*

Dan akhirnyaaa, sesi kami puun tiba.
Sesi telah tiba, sesi telah tiba ! Hore ! Hore ! Horeee !!! *dalam-ati-kededep-1/2-mati*
Jadi pertama kami disuruh cabut lot gitu buat nentuin dapat Tim apa. And mereka bertiga ngasih kepercayaan kepada Ane untuk mencabutnya.
"iyaa saar, lu ajah. Hoki lu kan biasanya gedeee"
Oke, jadi dengan senyum behel ane kepada sang host, gue ambil 1 gulungan kertas, dan ternyata tim kita dapat peraaan :

DPR OPOSISI


Mengingat kembali Kata Bang Ancah, DPR Oposisi berperan dan beragumen mengena KETIDAKEFEKTIFAN. yah intinya setiap kegiatan yang telah dilakuin pemerintah itu kami selalu anggap ga efektif, kebijakan yang ada selalu anggap ga efektif, gitu laah. Pokoknya kami harus menentang dua pihak, yaitu Pemerintah (tim eks) dan Tim DPR Pro (yang ngebela pemerintah)



And surprise lainnya, ane berhadapan dengan kenalan ane 2 sekaligus dari Koba, si Leonardo Di Caprio ama Si Dea. Hohohoho, and mereka dapat pihak LSM. Pihak yg nantinya akan kami bela, karena kami DPR Oposisi.

Daaan ternyata ada surprise laiiin juga, yaitu : SALAH SATU TIM dari SMA Kelapa ituu ga dateeng. Jadi cuma ada 3 tim yang bertanding daan sehingga sesi kamii terpaksa deeh cuma 3 tim yang main sesuai dengan cabut lot tadi, daan juga yg bikin surprise nya, yang dihilangkan adalah tim EKSEKUTIF (Pemerintah) yang seharusnyaa kami bantai, bacok, babat dan kantet sebagai DPR Oposisi !!!! Duuuh daan terpaksaa akhirnya kami akaan lebih memfokuskan untuk menganteet andaa, wahaai Tim DPR Pro -,-

Oke, jadi jurinya langsung membacakan latar belakang permasalahannya : Kita berempat sumpaah tegang bangeet dan seserius mungkiin dan secepatnya mencatat setiap detil yg dikatakan. Dan inti dari permasalahannya adalah : KAPAL ISAP, BAGAIMANA TINDAKAN BIJAK MENYIKAPINYA?
Hearing seriously the case from the expert And lets begin the games !!!


Oke jadi awalnya LSM duluan yg disuruh ngomong (kenalan ane dari Koba), eh tapi mereka kayaknya shock gituu *mungkin gara2 masih terbawa kepanikan kerena shock tanding ama Ane kalii ya :P, hhi* jadi mereka beralasan LSM ingin tahu dulu apa saja kebijakan yg telah dilakukan DPR duluuu donk, baru LSM bisa komentari. Yaah masuk akal juga siih -___-


Ya udaah jadi langsung dilempar ke kami, and Farhan, Gugun Fadhila juga kayaknya masih shock karena langsung di suruh bicara, jadi akhirnya gue langsung ambil alih, gue bilang "kami berpandangan bahwa kapal isap itu jangan ditiadakan, tapi di batasi jumlahnya. Karena kalo ditiadakan , yah kita ga bisa ditiada-in laah, kapal isap itu kan dapat izin operasi dari menteri negara langsung, dari PUSAT getoo. Dan juga berdasar UU no.23 tahun 2000, zona >12 mil dari bibir pantai itu udah wilayah kekuasaan menteri. Jadi dibatasi aja jumlah kapal isapnya, kalo jumlahnya dikit kan pemerintah bisa lebih mengontrol operasi yg mereka jalanin."

Its me the first one to take a stand

And what a shiit, gaya bicara gue ancuur benerr, velocity berbicara nya terlalu cepeet, jadi keliatan banget gue gugupnyaa, gue bisa ngerasain kapan gue ngomong bisa ngomong bagus apa enggak, and kali ini ancuur bangeet, aah bodo

Udah meletakkin pernyataan, ane mulai deh mau nyerang si DPR Pro : "lalu kami ingin bertanya, apa saja tindakan efektif yg telah dilakukan pemerintah dan DPR Pro mengenai hal ini?"

DPR Pro langsung bilang : "Kami melakukan sosialisasi kepada masyarakat apa dampak dan bahaya dari adanya kapal Isap ini sehingga diharapkan dukungan dari mereka juga untuk mengatasi masalah ini."

Muka kami berempat sinis bangett dah pas denger argumen si Pro, hha

Nah disini kita berempat langsung diskusi cepeett banget buat nyangkal pernyataan DPR Pro, Farhan usulin bilaang aja "sosialisasi itu ga efektif, keluar kuping kanan keluar kuping kiri gitu." Tapi gue udah liat sesi sebelumnya, sosialisasi juga dapat dijadiin jalan yg bagus dan efektif, apalagi kalo sosialisasiny ama generasi muda, jadi jangan pake alasan itu dulu.

Pikirr,,, pikir,,, pikir, Ayoo saraah pikirrr and akhirnya gue langsung dapat kelemahan dari statement mereka :
"OOHH, ane ngertiii, gini gini. Tadi mereka bilang kan akan sosialisasi kepada masyarakat, nah terus bilang aja gini, lah apa hubungannya coba ama masyarakat? Dalam kasus ini yg jadi korban kan masyarakat, yg dirugikan masyarakat, tanpa sosialisasi aja mereka udah tw dampak kapal isap itu apah kan? Wong mereka sendiri yg udaah kena dampak kan?"

ini pas lagi bener2 muter otak mikirin sangkalan, serius bangeet daah

Wow, maknyuss bangeet kan? Dalam wktu segitu ane bisa langsung dapeet celah gitu, cihuyy. Langsung deh di interupsi ama tim ane, tapi kali ini ane serahin ke gugun aja, abis ane terlalu esmosian kayak tadi -____-


Dan setelaaah mereka kita serang gitu mereka kembali berdalih "kami melakukan sosialisasi ini karena masyarakat yang mengoperasikaaan kapal isap ini, jadi kalo ada sosialisasi kan masyrakat yg mengoperasikan nya bisaa langsung tau dampaknya dan berhenti mengoperasikan, dan kapal isap puun bisa tidak beroperasi"

PAs ini Gue langsung dapat nangkis, gue giraang bangettt, hahahaha, sumpaaah, mudah bangeet, dan kesannya kok jadi debat 2 tim ya? Abis LSM nya ga mw interupsi, ah bodo ! Langsung daah gue sharing argumen ane ama tiga teman ane yg lain. Dan saking girang, gue ga sadar kalo suara diskusi kami ini udah terlalu gede, dann LSM terutama kenalan ane dari koba itu denger penjelasan ane :

"Kapal Isap itu kan mahal, ga mungkinlaah rakyat yg mengoperasikan. Salah banget tuuh kalo dy bilang rakyat yg mengoperasikan, wong itu milik perusahaan swasta kan? Ga betul tuuh !" Ane emang sadar sih dari awal sesi pandangan si Dea ama Leonardo ituu selalu ajaa menatap tajam and sinin ke tim ane, hha, ya mungkin karena pas debat bahsa inggris itu juga, tapi anee ga tau ternyata pas diskusi juga mereka nguping, oucchh !

Jadi pas Hostnya langsung tanya : "Siapa yang ingin menanggapi pernyataan DPR Pro?"

Fadhila langsung nunjuk, eeh si Dea itu juga langsung nunjuk. Daaan mengingat LSM udah dari tadii ga ngomong2 dan akhirnya diberikan kesempatan kepada mereka daaah. Tim ane awalnya secara lapang dada terima, dan gue liat si Dea yg kali ini bicara eeeh ga taunyaa dy bicarain apa yg mau kita bicarain itu
GEDEGERRRR, hha, aduuh adduh, ya udahlah itung2 ngasih pahala buat mereka juga :P

Detik2 pas si LSM mencaplok ide dan argumen kami T.T

Tim kita jadi shock lagii, terus kembali diskusi cepet, dan tentunya dengan suara yg lebih diperkecil. Dan tim DPR Pro menanggapi lagi : "Baiklah, selain sosialisasi kami akan melanjutkan berbagau tindakan lagi yaitu berupa pembatasan....
(oke awalnya ane nyangka dy bakal bilang pembatasan zona)
eeeh ga taunya
"...berupa pembatasan waktu (?) Jadi waktu pengoperasian akan kami batasi seperti yg awalnya tiap hari, akan menjadi seminggu sekali atau enggak sebulans sekali lah. Pasti akan mengurangi dampak tentunya."
*busyeeet, nih tim mikir apa cobaa???? emang ada gituu pembatasan waktu di UU?*

Farhan langsung semangat abisnya dia paling demen kalo udah nyangkut ada atau tidak dalam UU, dan farhan menjamin, ga ada pasal yg sama sekali membatasi waktu, yg ada cuma membatasi zona-zona gitu. Okee langsung interupsi daaah, "apakah anda yakin itu akan mengurangi sepenuhnya? Dan atas landasan dasar hukum apa anda ingin membatasi operasi mereka? Bisa2 anda dituntut pihak kapal isap kalo seenaknya tanpa dasar hukum"

si Farhan taking the control interrupting Pro's

Pas farhan lagi interupsi kita bertiga, ane gugun ama fadhila langsung kembali diskusi juga. Kita mikir lagi, daritadi yg kita lakuin cuma mengomentari solusi dari Pro, tapi kita sendiri ga ngajuin solusi atau alternatif lain. Kesannya kan cuma kritis doank tapi gag solutif. Jadi kita langsung mutar otak lagi pas Farhan lagi sibuk2 nya interupsi. Dan kita setuju, "solusinya adalah tindakan efektif yang dilakukan pemerintah adalah memperjelas sejelas2nya lagii pembatasan zona2 kapal isap dan zona milik daerah, daripada sosialisasi ga mutu yg bakalan keluar telinga kiri masuk telinga kanan gitu. Kalo bisa pasang tanda pembatas gitu"

Dan bener ajaa, karena DPR Pro nya bosen direcokki mulu ama kita solusinya, akhirnya mereka balik tanya : "Jadi kalian punya solusi lain yg lebih efektif gitu?

Hha, langsuung deeh jadi diinterupsi lagi ama farhan apa fadhila ya, perasaan farhan deeh? Anee lupa pokoknya, hha yg penting bantaii !

Abis diinterupsi dengan solusi yg kami berikan dan juga solusi itu ada landasan hukum yg kuat, eeh si Pro balik nyerang, dan sumpah serangannya kali ini ga logis ! Hahaha, keliatan banget kayaknya mereka bener2 udah gimanaa gitu, mereka langsung berdalih : "Lah, bukankah itu solusi yg kami ajukan daritadi kepada anda?"

Adegan pas Pro mengklaim seenak udelnya aja, langsung mereteng semuaaa ! hahaha

JLEEEB, sumpaah pernyataan ini yg bikin ane tambaah shock ama si Pro. WHAT??? SOLUSI kalian? Kalian dari hongkong, wong udah jelas solusi kalian tadi cuma sosialisasi dan pembatasan waktuuu. Please deeh ga usah ngaku-ngaku, hhi :P, terus gugun juga bilang ini harus diinterupsi dan juga kita disini sudah harus menyatakan pendapat yang mulai berbau memberi2 harapan kepada LSM juga

Fadhilla state our OBJECTION with Pro's claim

Nah karena Kita ga terima gituu doonk, langsung di interupsi ama Fadhila. "Kami tidak tuli, Penonton juga ikut mendengar kalo dari tadi ituu solusi yg kalian umbar cuma sosialisasi, sosialisasi, pembatasan waktu. Ga ada tuh kalian bilaang gituuu."

Dan blek langsung fadhila duduk,

Gugun : Lah Fadh? Kok cuma nyindir? Kan ada juga yg mau diungkapin?"
Sarah : Hahaha, fadhila udah girang duluan abisnya bisa nyindir yg pro, karena kesombongan lupa deeh, hahaha
Fadh : Ha? Iyaah ku lupa, astagaa, ku lupa menyatakan , eh emang nya apa?"
Gugun : Duh, ku juga lupa. Sar, inget ga tadi?
Azz : Lupa jugaa, hahahaha

Hahhaa, dan kayaknya debat ini bener2 cuma antara Pro ama Oposisi, LSM cuma diam aja liat kami berdebat-debat dan debat. Hingga akhirnya Bapak Juri, Bapak John yang easy going itu turun tangan : "DPR jangan cuma bersikukuh pada efektifitas kebijakan juga doonk, tapi kalian juga harus meyakinkan para rakyat, nelayan kalo tindakan kalian adalah yg terbaik bagi mereka. Rebut hati mereka, kan inti debat juga meyakinkan orang lain :))"

Tim ane baruu inget ama konsep yg diajuin gugun tadi sebelumnya dan lalu mulai diskusi. Daan karena udah dibela gitu baru deeh si LSM mau nyindir kami, mereka berargumen :
"Pak DPR dan Bu DPR, anda mengajukan sebuah solusinya yaitu membatasi zona wilayah kapal isap. Nah kami sebagai nelayan kan ga tau zona mana yg banyak ikan yang mana enggak, Ikan itu kan bisa lari kemana aja mereka mau. Bagaimana anda tetep bisa menjamin kami donk kalo zona yg diberikan tetep banyak ikannya?"

Me stands try to pursuing the LSM that "everything's gonna be alright ;)"

Ini langsung ane yg jawab, "Bu nelayan dan Pak nelayan yg tercinta, zona kapal isap itu kami jamin ga bakalan ada ikaan deh yg mw berenang ke sana. Gimana mw berenang, kapal isap kan udah ngehancurin terumbu karang, yang tak lain habitat merekaa. Saya dapat kesan kekhawatiran anda bahwa zona kapal isap itu zona yg banyak ikannya, tapi kami bisa menjamin tidak akan, mengingat sudah hancurnya habitat para ikan di zona itu."

terus LSM komentar lagi: pokoknya mereka ga bakalan puas, kalo kapal isap itu belum ditiadakan dari laut mereka. Mereka beralasan mengganggu perekonomian mereka lah, pemerintah harusnya menyediakan lapangan kerja baru.


Nah karena pernyataannya menyinggung2 pemerintah, otomatis DPR Pro langsung bereaksi, tapi sumpah argumen mereka sama sekali kasar ama LSM, pikir ajaa, mereka beralasan gini : "Anda LSM menginginkan ditiadakannya kapal isap. Argumen anda ga beralasan, KARENA persetujuan dan komitmen kita di awal perlombaan adalah hanya MEMBATASI, bukan meniadakan."


Kami yg sibuk diskusi denget pernyataan mereka juga shock,DPR ga gituu donk ama rakyat terutama LSM, jadi kami diskusi dan setuju, kami akan menyatakan tidak akan pernah terjadi peniadaan kapal isap, tapi kami sebagai DPR kami akan jelaskan alasan mengapa donk, bukan lepas penjelasan gitu, apalagi mereka ibaratnya rakyat, para nelayan?
Fadhila do the latest "point of interest" to try her best winning LSM's heart :p

Akhirnya kami setuju penutup debat ini bakal diinterupsi ama Fadhila aja, Jadi dy jelasin, "kalau peniadaan itu ga bisa dilakuin karena itu udah dapet izin dari menteri, pusat, di luar wewenang kami sebagai DPR ! Jadi ga bakalan bisa, kecuali dengan pembatasan jumlah. Dan rakyat ga perlu takut ekonomi terancam , karena DPR, kami selalu ada untuk anda :) "

Hoaaaa,juri yg denger aja langsung tertawa dengerinnya dan ane shock denger kata2 terakhir dari si Fadhila, sumpaah kata2 yang sweet banget untuk dijadiin penutup perdebatan ini, "....karena DPR, kami selalu ada untuk anda :) ". Hahahaha, jadi pas fadhila langsung duduk selesai memberi interupsi ane langsung peluuk dy, kagak pedulii daah lagi lomba apa udah selese, penonton juga tertawa plus memberi applause liat tingkah konyol ane meluk fadhila, gugun langsung cut : WOY, MANNER WOY, hahahaha...bodo !


The most happy moment of us, because of Fadhila amazing statement !!!
and all the pressure seems just fly away :))

hahaha, abis anee tercengang banget dengernya ! SHE IS ABSOLUTELY AMAZING !

Dan akhirnya berakhir lah sesi ke-4. Sumpah dah lega banget rasanya, secaraaa it was OUR FIRST TIME, DUDE ! FIRST ! but hope is not the last for sure :)), kita semua salaman, minta maaf aja kalo ad2 kata terlalu gimanaa gitu, hhe. Well its just the game

salaman dulu doonk abis berkelahi, hhi

AND IT IS THE PHOTO OF THE DAY
WE CELEBRATE OUR DEBATING SESSION
it just doing great, SEE THAT SMILE? ITS SO AWESOME !
and also see the audience beside farhan ! HE EVEN SMILE SEE OUR HAPPINESS !!!


Dan akhirnya, now all we have to do is waiting for the announcement, dari 18 tim, yg bakalan diambil cuma 6 TIM ! 1/3 nya doaaank !!!!! Rencana awal panitia bakal umumin sapa yg masuk semifinal langsung pada hari itu juga, tapi akhirnya bakal diumumin besok senin, dan juga melalui koran BABEL POS dan email yg dikirim ke email sekolah masing2!!! Hoaa, KORAAN !!!

Huaaa, wish there will be our team name in newspaper tomorrow!!!!


PS : debat itu layak narkoba, sekali coba pasti kecandunan, beneran ! - Bang Ancha-

Komentar

Postingan Populer