Debat Politik Pelajar (Part I)

PelajarPost kali ini saya mau report donk last activity saya! Jadi abis tanggal 1-8 December kemaren UAS. Thanks God hasilnya rata2 "lumayan" memuaskan untuk saya. Apalagi mapel IPA saya enggak ada yg remed, yup Inilah bentuk tanggung jawab saya atas keputusan memilih jurusan IPA. Kadang heran banyak siswa IPA ngeluh fisika sulit, kimia rumit, matematika mumit, biologi tak berkutik. FOR you guys, i just want to say that :

PLEASEE DEEH GA USAH COMPLAIN MULU ! Inilah risiko lu masuk IPA !
Kalo IPA-kan emang harus ketemuan ama si Fisika cs. Kalo ga mau ya udaah
sapa suruh lu ga masuk IPS ! SO PLEASE STOP COMPLAINING AND HATING THIS SUBCJECT
IT WAS YOUR OWN DECISION, DUDE !
and TAKE THE RISK OF IT !

*okee cukup buat marah-marahnya* Tapi sumpah, ane tekanin sekali lagi. Please ga usah cengeng, manja, atau apalah kalo ketemu ama 4 pelajaran ini. Derita loe masuk IPA ! Tanggung jawab dikit kek ama keputusan kalian !

nah lalu tanggal 9-11 nya itu remedial total banget ! Cuma 3 hari disedian waktu buat remed. Dengan catatan, kita sendiri yg harus aktif cari tw kita remed apa enggak, bukan guru yg ngejer-ngejer kita minta nilai. And finally, ane cuma remed di pelajaran fisika doank, nilainya cuma 67.9-an dengan jadwal remednya hari sabtu, tanggal 11. Yang lain? Amaaannn :))

Oke terus, pasca UAS is doesnt mean i can relax myself. Ane masih punya 2, eh 3 project lagi. Busyet dah Desember emang the most BUSY month of the year !!!

project Smansa Cup, Project Lomba Cepat Tepat UUD'45 and Project Lomba Debat politik.


Naaah, dan parahnya lomba debat politik pelajar ini , the days left nya cumaa 3 hari ! *and its all because of UAS !* Lombanya itu minggu, hari ini (hari pas ane lgi ngepost skrg). Cacad banget kan, mana lomba ini lgsung lawan seluruh SMA seprovinsi Bangka Belitung. Aduuh bookk, matii eikee !!!

Satu tim terdiri dari 4 orang siswa. Dan sekolan ane sendiri ngirimin dua tim. Tim satunya isinya kakak kelas 3 semua, and mereka lomba nya minggu depan lagi karena mereka dapat di group B gitu.

Jadi 3 hari ini, ane bersama ketiga temen ane lainnya ini bener-bener digenjot bener ama si Madam Wiwik and Ibu Tri. And luckily for us, none of us had to do a lot of remedy. Emang ane akui, anggota TIM ane iini semuanya berotak dewa, yang dapat membagi waktunya kapan untuk belajar UAS, kapan untuk belajar lomba . Jadi waktu latihan makin efektif karena ga diganggu and dikejer-kejer ama remed, ya kecuali ane ama gugun pernah ga ikut latian karena remed, tapi ituu cuma sekali kook, ane remed fisika :P *ya tetep aja remed namanya saarr -,-*

Ga mau donnnk ane ama tim ane ntar malu2in nama and reputasi sekolah, apalagi mengingat ini tingkat provinsi. Jadi pas dimana orang semua udah pada pulang ke rumaah, sante-sante udah UAS, kita berempat malah ditahan di kantor guru, di perpus, di intimidasi pertanyaan macem-macem tentang topik lomba, ampe-ampe hilir mudik tiap malem ke rumah Madame Wiwik buat latian lebih lanjut.

Bahkan kalo bisa ane itung, ane itu pulang ke rumah cuma buat tidur, mandi and makan. Pikir aja,
1)pagi-pagi dari jam 6.30 udah ke sekolah, pulang ke rumah jam 12.00, ane langsung mandi buat nyegerin pikiran lagi terus maem, jam 13.00 balik ke sekolah lagi buat latian dengan pakaian bebas jadi latiannya lebih rileks, jam 17.30 baru pulang ke rumah lagi buat sholat magrib and mandi sore, udah magrib udah dijemput ama si pasangan mahok buat ke rumah Madame wiwik untuk latian lagi. Ampe di rumah jam 21.30 itu langsung KO di kasur.
Intinya pulang ke rumah cuma buat tidur, maem ama mandi, And it continued for the next 2 days !

Emang segitu penting ya Sar lomba debatnya? Buat apah sar lu latian debat, lu kan udah pengalaman debat bahasa inggris.

Hooh, emang ini lomba nya sama, yaitu sama-sama debat. Yang bedain cuma bahasa pengantarnya gitu kan? But you totally got wrong, ladies and gentleman.
Debat politik pelajar ini beda 180 derajat ama debat bahasa inggris yang ane lakuin. Kalo debat bahasa inggris kan, yang berdebat cuma 2 tim, yaitu Tim pro dan Tim Kontra. Nah kalo debat politik ini ada 4 tim sekali pertandingan, yaitu Tim Eksekutif, Tim DPR Pro Eks, Tim DPR Oposisi Eks, dan Tim LSM. Nah pikir aja lu? Kalo yang berdebat udah sebanyak itu timnya? Apa yang bisa diomongin tiap tim KALO UDAH SEBANYAK ITU YG DEBAT COBAA?
It was the real big diffrence between it, for your information ladies and gentleman.

Okeeh, jadi debat politik ini diadain ama sebuah LSM gitu, nama LSM nya PKDP BABEL. And sponsor nya PT. Timah ama PLN. Nah buat seleksi awalnya, setiap tim yang ikut lomba mewajibkan membuat sebuah makalah, dan diberikan 3 tema untuk makalah, yaitu :
#1 Kelistrikan (ga heran mengingat sponsornya adalah PLN)
#2 Pertambangan Timah ( Masalah yang ga pernah selese2 buat BABEL -,-)
#3 Pembangunan Daerah

Nah pembuatan makalah itu udah selese sebulan sebelumnya, yaitu bulan Oktober. Ini juga sama ceritanya, tiap malem ane bela2in pulang ke rumah malem2 dari rumah si Fadhila cuma buat makalah ini. Kami berempat setuju ambil tema nya PERTAMBANGAN. Karena ini issu yg paling umum, panas sekaligus mudah. Ibaratnya anak SD Bangka Belitung aja tahu kalo ditanya issu ini, sumpah ! masalah yg terkesan ga pernah nemuin jalan keluarnya -,-

Dengan mata yg udah 5 watt, pisang goreng abis 1 piring and jam udah nunjukkin 21.00 proses penulisan makalah terus lanjut. And kalo diitung dalam setiap penulisan makalah tercatata rekor Si Farhan sebagai anggota yang mukanya paling bantal. Lu pikir aja, baruu 30 menit nyampe, terus nyaplok 3 pisang goreng, BLEK langsung KO dy tidur di sofa.
Azz : Han, woi Han banguuun !!!
Farhan : Zzz ZzZ ZzZ
Azz : Gun, Fadh, liat si farhan udah ngorok !
Fadhila : Ya biarlah, namanya juga capek
Azz : Ya ga bisa gitu laah, kita bertiga aja rela mata tetep terjaga dy malah enak2an mimpi ke mana !
Gugun : Dokumentasiin ajaah, foto-in wajahnya ! Dokumentasi detik2 penulisan makalah gituu
Azz : Boleh, boleh, cepet fotooin mumpung lagi ngoorok nih anak
Gugun : Hape ka, mana???Cepeettt
Azz : Lah hape 5610 ku kan hilang, jadi skrg hape ku ga ad kamera guun -___-. Maksud ka apa? Mau nyindirr
Gugun : Oh iya, ku lupa HP ka ilang. Fadh, fadh, mintaa hape kaa
Fadhila : Hape ku emang pernah bekamera? Dari SMP inilah hape ku guun, maksud ka mau ngehinaa -___-
Gugun : Oh iya, ku lupak.
Azz : Pake HAPE ka ajaah. cepetttt ntar dy banguun
Gugun : -_____-, hape SAYA JUGA TIDAK ADA KAMERAAA
Fadhila : Si farhan, hape si farhan ntuh di saku jaketnya
Gugun : *Merogoh jaket* oi, masa kalian lupa? Hape dy juga kan ga ad kameraa
Semua : Oh iya ya
Semua : ......... *diam*
Semua : BUAKAKAKAKAKA
Azz : Hahhaha, ternyata diantara kita berempat tidak ada yg hapenya kamera. Candybar semua siih ! Gyahahaha
Fadhila : Hahha, iya. Kok kebetulan ? Hahhaha, kita emang tim termiskin kayak nya. Hahahaha

Dan itu sepenggal dialog yang paling ane inget pas detik-detik penulisan makalah buat seleksi pertama. And for the last week to the deadline

Sarah : Woy, optimis ga kalo kita bakal lolos seleksi pertama?
Farhan : IYA DOONK *dengan gaya pendek akalnya selalu optimis :P*
Fadhila : Yah semoga saja lah Sar :)) *dengan gaya keibuan dan selalu berhati2 dalam berpikir *
Gugun : Pasti lah optimis. Kalo melihat lawan kita cuma di pangkalpinang, kalo dibandingin ama SMA lain kayaknya masih ada kesempatan
Sarah : Emang sih, kalo urusan makalah tulis menulis di kota pk.pinang SMANSA pasti masih bisaa
Semua : AMINNN :))

Dan alangkah optimis dan polosnya kami ketika itu, kami kira lomba itu diadain untuk tingkat kota dulu, baru nanti ke tingkat prov.gituuu
Padahal ternyata itu langsung ditandingi dengan seluruh makalah dari semua SMA di Bangka Belitung.....

Next to the Chapter (LOMBA DEBAT POLITIK PART II). . .

Komentar

Postingan Populer