Obat -Obatan yang (wajib) dimiliki anak kostan

Okaai, jadi postingan kali ini pengen berbagi informasi sebagai sesama anak kostan yang tinggal jauh dari perantauan. Saya juga di bandung, ngekost, ga ada rumah keluarga (sebenernya ada sih, tapi gamau numpang, lebih enak sendiri). Naah problema menjadi anak kost itu terkadang adalah ketika bangun di pagi hari, lalu tiba-tiba merasa hmm okee, gue kok ga enak badan ya hari ini. 

Jadi disini gue pengen berbagi informasi mengenai obat-obatan yang gue punya selama gue jadi anak kost. Hmm bukan berarti gue anak FK terus bisa kasih-kasih info gini. Tapi obat-obatan berikut cuma sekadar obat darurat yang membantu meeringankan rasa sakit. Ya ibaratnya kalo kebangun tengah malem, badan panas atau lagi ga enakan badan banget, naah ribet kaan kalo ke dokter malem-malem, atau mahaal kalo ke rumah sakit gede yang memang 24 jam. Jadi ini adalah obat-obat yang seenggaknya dapat membantu meringankan gejala-gejala sakit :


1. Paracetamol (Rp 5.000-10.000)
Okee, ini adalah obat rumahan paling mainstream yang sering digunakan oleh orang awam ketika mereka demam tinggi tiba-tiba. Jadi kalo tiba-tiba tengah malem, atau pagi-pagi tiba-tiba ngerasa demam tinggi, well dengan meneguk obat paracetamol 3x sehari (abis sarapan, abis makan siang , sebelum tidur) insya allah demam akan turun secara perlahaan.

2. Amoxicilin (Rp 5.000-6.000)
Naah yang kedua adalah amoksisilin,ini adalah obat antibiotik aka untuk membunuh bakteri-bakteri. Jadi sebenenrya obat yang satu ini ga boleh sembarang dipakai, atau dosis minumnya harus hati-hati. Obat ini biasa saya gunakan untuk meredakan radang tenggorokan. Tau radang tenggorokan kan? Gejalanya diawali dengan rasa perih setiap akan menelan, baik itu pas makan atau cuma pas menelan air ludah. Lalu biasanya merembet ke badan ga enak, meriang, napas bau daaan sebagainya. Minumnya 2x sehari aja sih kalo aku (abis sarapan dan sebelum boboo). 

Masih bingung radang tenggorokan itu gimana? coba senterin mulut terus liat dikaca, di bagian amandel (pangkal tenggorokan) biasanya ada bintik-bintik kuning kayak sariawan di pangkal tenggorok gituu.

3. Abothyl (Rp 21.000 - atas)
Naah obat tetes yang paling seriing abis karena paling sering digunakan adalah abothyl. Apalagi karena gue memakai behel jadi sering sekali terjangkit sariawan setiap bulannya. Cara ampuh memakai abothyl adalah dipakai ketika sariawan masih dalam bentuk luka terbuka (belum ada kawah kuning gitu). Jadi efek abothyl nya akan cepet dan cepet sembuuh. 

Eniwei cara memakai abothyl untuk sariawan itu yang benar adalah pertama teteskan abothyl di gelas yang berisi air, lalu kumur-kumur. Setelah kumur-kumur pake abothyl, baru abothyl diolesi ke sariawan , kalo gue biasanya pake cutton bud hehee.Oh yaa, buat harganya, abothyl lumayaan mahaal looh untuk anak kostan,yakni sekitar 20.000 ke atas, jadi pas makai selalu dihemat yaa.

4. Sangobion (Rp8.000-12.000)
Naah obat yang satu ini sebenernya khusus wanita aja sih hehe. Tapi kalo cowok mau pake juga gapapa. Kan biasanya setiap bulan cewek selalu haid kaan, yang berarti selalu mengeluarkan darah, sehingga terkadang kadar darah di tubuh berkurang, makanya kaan rawan pusing atau ga enak badan kalo lagi haid. Nah makanya, ketika sedang haid, dianjurkan untuk mengonsumsi Sangobion jugaa, agar tubuh terpicu untuk memproduksi sel-sel darah yang baruu, sebagai pengganti darah yang dikeluarkan selama haid. Minumnnya cukup 1 hari sekali selama haid ajaa, hehe.

5. Paratusin (Rp.10.000-Rp.12.000)
Naah kalo bapak-bapak tukang ojek sakit pilek selalu minum B*drex,kalo saya sendiri lebih memilih mengkonsumsi Paratusin. Saya kurang tau sih ini obat jenis apa, entah antibiotik entah bukaan,tapi ketika saya sudah menunjukan gejala mau flu/pilek/influenza, saya selalu langsung minum paratusin sebelum tidur. Jadi paratusin ini lumayan ampuh untuk mengatasi gejala flu yang masih ringan. Makanya kalo udah bau-baunya pilek, langsung minum paratusin insya allah pelan-pelan sembuuh looh.

6. FP Trochet (Rp10.000-15.000)
Jadi ini adalah obat emuuut, yang makannya kayak makan permeen :3 enak looh. FP trochet itu berguna setiap tenggorokan lagi gatal atau berdahak. Ya daripada di batuk-batuk kasar biar tenggorokan ga gatel lagi, mending isep satu tablet FP trochet ajaa, lumayan sembuh looh. FP trochet juga bisa digunakan untuk radang tenggorokan tapi dia ga seampuh amoxicilin. Hisapnya 3x sehari.

7. KOYO (terutama koyo merk koyo cabe : Rp.8500)
Yang paling WAJIB dimiliki tiap anak kostan menurut gue tentu saja plester koyo, wkwkw. Gatau kenapa, setiap badan gue rasanya remuk, sakit-sakitan, atau ada bagia tubuh (kayak lengan, betis, dsb) yang rasanya ngilu, ya pakee koyo cabe aja. Wkwkwk. Oh ya, rekomendasi saya pake koyo jangan pagi-pagi apalagi sebelum ke kampus -_- malu-maluin aja entaar, Jadi pakenya lebih bagus sebelum tiduur, jadi pas bangunnya pasti kerasa lebih freeesh :3

8.Vicks Formula 44 (Rp10.000-15.000)
Nah ini biasanya digunakan kalo lagi terserang batuk. Kurang tau sih batuk berdahak atau batuk tidak berdahak .__. Saya juga jaraang banget pake obat sirup ini, karena alhamdulillah jarang terkena batuk. Jadi buat siapapun yang terkena batuk, saya anjurkan pake obat sirup ini. Gatau sih kenapa harus vick formula 44, tapi saya lebih suka dan cocok minum obat ini. Efek mintnya lumayan kerasa juga soalnya, harganya jugaa :3.

9.Tolak Angin (Rp 2.500/sachet)
Naaah ini ramuan paling ampuh ketika masuk angiin. Hahaha seriusan ini bukan promo iklan, tapi emang menurut gue minum tolak angin tuh kerasa efeknya. Apalagis mau setiap kegiatan pelantikan/osjur di ITB, coba aja tanyain, himpunan mana yang ga mencantumkan spek Tolak Angin sebagai salah satu spek wajibnya :p. Kalo saya pribadi, emang Tolak angin rasanya ga enak pas awal minum, tapi abis selesai minum tu rasanya anget di dalam tubuh, jadi enaak. Jadi buat siapapun yang masuk angin ringan, badan meriang, saya sarankan sekali meminum ramuan tolak angin wkwkw.

10. Madu Rasa (Rp 2.000/sachet)
Well sebagainya cuma sebagai nutrisi ketika lagi sakit aja hehe. Rasanya lumayan enak kok, ya gue tau ini madunya ga 100% madu asli, tapi karena ini udah dikombinasi dengan berbagai zat makanya gue lebih suka minum madu sachetan gini wkwk.

11. Norit (Rp.10.000-Rp 20.000)
Jadii norit ini sangat sangat ampuh untuk siapapun yang lagi terkena diare atau berak mencret-mencret atau rajin bolak-balik ke belakang gegara salah makan. Pil norit tu berupa pil-pil hitam yang gue denger-denger sih terbuat dari bahan karbon/arang (makanya warnanya hitem). Jadi karbon ini akan menyerap segala cairan di kotoran, sehingga berak lo ga bakalan encer lagi atau bahasa lainnya memadatkan kotoran elu gitu, wkwk. Gue tau bahasa gue kotor, tapi emang gitu adanya. Trust me, daripada elu minum oralit yang ga enak, atau bolak-balik ke kamar mandi terus atau tiba-tiba eek dicelana terus bau, mending  minum norit. Khasiatnya ampuh bangeet. Sekalinya minum, 3-5 pil hitam yaa.

12. Daktarin (Rp 25.000 ke atas)
Nah ini buat anak-anak kostaan jorok yang masih belum terbiasa dengan kehidupan anak kostan sampe lupa nyuci kaki, nyuci baju, nyuci pakaian dalam dan sebagainya. Tenaang lo ga perlu malu kalo badan lo jamuran, terus garuk-garuk mulu depan temen-temen kuliah lo yang baru, karenaa lo tinggal olesin daktarin, efeknya lumayan cepet looh. Tapi syaratnya, lo harus rajin dan jangan ampe lupa buat ngolesin salep ini secara rutin yakni 3x sehari. Terus kalo udah sembuh, jangan diterusin malesnya, baju jangan lupa dicuci, apa-apa dicuci, masa udah gede mau jamuran mulu. Engga kaaan. Ditambah harga daktarin lumayan mahal loo wkwkwk

13. Rohto (Rp 7.500-Rp 15.000)
Rohto semua orang udah tahu lah yaa, jadi ini adalah obat tetes mata. Ya siapa yang tahu kaan , lu lagi dikostan tiba-tiba mata lo gatel, merah dan sebagainyaa? Atau lo baru abis darimana, pulang ke kostan tengah malehm, eh mata lo merah. Ga lucu kan, masa mau rempong2 nyari dokter? Makanyaaa, stock rohto dikostan menurut gw lumayan penting, apalagi elu cewe-cewe imut yang doyan pake-pake kontak lens gitchuu.

14. Plester dan Betadine
Tentu saja, diantara ketiga belas benda dan obat-obatan yang udah gue sebutkan. Ada dua hal yang paling KRUSIAL DAN KUDU pisan ada di kostan elu. Yakni plester (handsaplast)daan betadine. Ya elu pasti mikir, ya elaah gue emang bakal luka apa sih dalem kostan. Watch ouut, gue juga ga nyangka kalo suatu hari pas gw buka segel galon buat isi dispenser, eeh tangan gue tersayat, atau watchouut pas elu lagi mandi tersandung atau sebagainya okeeh. Jadi menurut gue Plester dan Betadine is a must ! 

Okaai, jadi sekian info yang mau gue share mengenai obat-obatan darurat yang harus elu punya dikostan. Yah tentu saja obat-obat daarurat yang cuma membantu meringankan, kalo masih parah jangan lupa langsung ke dokter terdekat yaa, dan kasih tau dokternya udah mengkonsumsi obat apa aja sebelum ke dokter ;)

Selamat hidup sehat di kostan yaaa

Komentar

Postingan Populer