Pengalaman : AHMBS (Astra Honda Motor Best Student)

Salute mes amies ! Jadi tiba-tiba facebook gue di inbox ama seorang bocah SMA, yang gue gatau siapa dia , dia darimana atau apapun, yang menanyakan gue tentang pengalaman gue selama menjadi peserta lomba AHMBS 2011 kemarin (yang berarti....4 TAHUN YANG LALU HAHA)

Jadi, bagi yang belum tau apa itu AHMBS, sebuah lomba annual yang diadakan oleh Astra Honda di setiap provinsi di Indonesia dengan fokus tema lingkungan hidup ataupun mengenai kendaraan bermotor itu sendiri. Dulu itu pas masih kelas 2 SMA, Ibu Anis , pembina ekskul KIR gue menunjuk gue untuk mewakili sekolah dalam lomba ini.Ya mungkin karena beliau tau gue suka nulis, jadi yodah deh. Berikut gue jelasin berdasar kronologis yang terjadii yaa ^^

1. Membuat karya tulis 5 bab
Nah seperti yang gue jelasin, setiap siswa perwakilan sekolah wajib membuat sebuah karya tulis ilmiah dengan 2 pilihan topik, lingkungan hidup atau kendaraan bermotor. Karena gue sendiri ga terlalu suka hal hal yang berbau biologi wkwk, jadi gue lebih memilih tema kendaraan bermotor. Untuk penelitiannya itu sendiri, gue lebih unggul yakni gue melakukan penyebaran angket di antara temen-temen kelas gue bahkan keluarga gue mengenai UU peraturan lalu lintas.

2. Masuk 5 besar se-provinsi dan memberikan persentasi
Setelah lo berhasil membuat karya tulis, pihak Honda setempat akan mengumumkan 5 besar yang berhak memberikan persentasi mengenai karya tulisnya, selain buat menjelaskan tentang karya tulis, ini juga menyangkut pertanyaan mengenai originalitas karya tulis tsb.
Beruntungnya gue, para musuh musuh gue (wkkwk lebay) kebanyakan mengangkat tema tentang lingkungan hidup, dimana penelitian mereka sangat terbatas yakni cuma melakukan studi pustaka dibuku buku atau internet. Sedangkan gue terasa lebih agak niat karena menyebarkan angket. HAHA jadi sangat jelas gue keluar menjadi juara 1 di tingkat provinsi gue yakni Bangka Belitung (maaf ya sombong, tapi emang seneeng). Nih gue masih inget cuplikan kemenangan gue diliput ama koran lokal daerah gue HAHA (http://ajetjet.blogspot.com/2011/06/honda-best-student-babel-2011.html)
Karena gue keluar sebagai juara 1  di provinsi Bangka Belitung, maka gue dan Nivea (juara 2) juga berhak menjadi dua orang pelajar yang mewakili Bangka Belitung di Jakarta nanti. Selain itu selama di Jakarta , kita bakal didampingi oleh seorang perwakilan dari pihak Honda provinsi setempat, kalo gue kemarin namanya kak Yono.


(Kiri-Tengah-Kanan, Nivea-Ka Yono- Gue)

3. Arrived in Jakarta
Sesampainya di Jakarta,  gue ama Nivea disambut ama kakak-kakak Astra Honda untuk lanjut pergi ke Hotel. Di hotel, kita harus absen dulu di meja resepsionis dan juga di beri sambutan. Ketika diberi sambutan, kita dikasih sebuah goodie bag yang berisi beberapa baju kaos dan jaket yang harus digunakan selama mengikuti kegiatan dan juga beberapa alat tulis. DAAAN hal yang paling gue nantikan adalah pembagian kamar, wkwk. Dan betul aja, setiap kamar akan di isi ama 3 anak. Dan room mates gue , yang bahkan gue masih inget dan kenal baik adalah Siti (dari Pontianak) dan Nana (dari Padang). Seneng deh bisa dibagi kayak gini , jadi lo bakalan lebih kenal dan punya sahabat baru ^^ dan alhamdulilah gue ama mereka berdua akur banget selama lomba.



4. Kegiatan selama nasional (4-8 Juni 2011)
Cuma fun fun doang loh. Pertama lo bakalan dijamu selama 4 hari di hotel. 


Kedua, lo bakalan jalan jalan ke pabrik Astra Honda terutama bagian produksi motor (Lo bayangin mereka mencetak 10 detik/motor dengan ketelitian tetap terjamin !). Ketiga, lo bakal jalan ke Monas, wkwkwk I know for some people it sounds boring. Keempat,lo bakalan main PAINT BALL ! OMG IT SO FUN!

 Kelima, lo bakalan ke DUFAAN, KYAAA KYAAA. 
Kelima , di malam galadinner penutupan, pihak panitia AHMBS telah menyiapkan bintang tamu jadi semacam lo bakalan kayak nonton konser itu, tahun gue sih bintang tamunya Tangga wkwk, kalo tahun kemarin sebelum gue adalah Sherina. Seru kaan wkwkwk. Dan terakhir dan paling bermanfaat, SETIAP MALEMNYA ya bakaal diisi ama seminar seminar motivasi dari tokoh tokoh pembicara yang seru, kalo kemarin aku paling inget diisi ama  Iwan Setyawan, penulis novel '9 Summers 10 Autumns'. 

5. Kelebihan kelebihan lainnya setelah AHMBS berlalu
Ketika lo galadiner, setiap peserta diberikan beasiswa berupa uang tunai sebagai Best Student setiap provinsi, lumayan banget pulang dari Jakarta bawa uang haha. Abis dari AHMBS, lo mempunyai setiap kenalan dari setiap provinsi dan siapa yang tahu suatu saat di masa depan lo bisa ketemu dengan mereka lagi, contohnya gue dan si Okta yang sekarang menjadi adik kelas di jurusan Fisika ITB wkwkwk. Dan yang terakhir, terutama buat kalian para siswa kelas 3 SMA yang galau mengincar SNMPTN Undangan untuk ke PTN Favorit, sertifikat nasional AHMBS bisa menjadi pendongkrak/nilai tambah untuk semakin diterima ke PTN. Banyak banget anak-anak yang dulu AHMBS, diterima di PTN favorit, AHMBS angkatan gue aja masuk ITB tercatat 5 orang, UI juga ada, begitu juga  AHMBS angkatan sebelumnya yang mempunyai track record yang baik diterima di PTN Favorit. Ga perlu khawatir lo ga menyabet juara atau predikat apapuun, setiap anak yang terpilih menjadi perwakilan AHMBS provinsinya akan diberikan panitia AHMBS Jakarta sebuah sertifikat nasional. 

Jadi menurut gue sih, ngapain lo ambisius mengincar predikat juara dinasional. Nikmati aja pengalaman AHMBS Nasional di Jakarta sebagai salah satu bonus hadiah kerja kelas lo di provinsi kemarin dan ajang cari kenalan :)


Komentar

Postingan Populer