Pengalaman Les Persiapan IELTS di IDP Sunjana Bandung

Oke, jadi ini akan menjadi postingan lanjutan mengenai persiapan IELTS gue ((yang walo hasilnya cuma 6.5)). Jadi setelah 3 minggu menghabiskan waktu kursus di TBI, saya LANGSUNG lanjut kursus di IDP Bandung yang berada di jalan Sunjana. Jadi, selain mengadakan kursus IELTS, IDP juuga merupakan sebuah lembaga resmi yang menyelanggarakn IELTS di Indonesia selain British Council. Oke mulai dengan format 5W+1H lagi aja yaa hehe

1. What : Ada level kursus persiapan IELTS apa aja di IDP Bandung?
Berbeda dengan di TBI Dago, ketika kita mendaftarkan diri untuk ikut kelas persiapan IELTS, IDP bandung akan menerima semua siswa dari kalangan apapun tanpa menggolongkan kemampuan bahasa inggris calon siswa tersebut. Intinya ya asal kita bayar, ya udah kita bisa langsung masuk kelas persiapan IELTS selama 9 hari.


2. When : Seberapa lama dan seberapa sering periode kursusnya?
Di IDP, kita selama 9 hari kursus itu disediakan 2 pilihan jadwal setiap harinya, apakah mau les dengan jadwal siang yakni jam 13.00-16.00 atau jam 17.00-20.00. Dan enaknya lagi, bisa ganti ganti tiap hari. Contoh hari pertama mau ikut yang jadwal siang, besoknya di hari kedua eh mau ikut jadwal sore. Gapapa, yang penting ga boleh masuk 2x aja dalam 1 hari wkwk. Ya kali masuk 2-2 jadwal, maruk amat.

Jadwal kelas dibebaskan, ya paling risiko ditanggung sendiri pusing apa engga kalo ganti ganti jadwal siang/sore hehe.


3. Who : Gurunya gimana? Kualitas nya?
Guru nya adalaaah Mr. Abi. hehe, kayaknya yang pernah persiapan IELTS di IDP pasti kenal lah ama Mr.Abi, dia udah terkenal banget ni di kalangan anak2 yang les di IDP Bandung hehe. Mr.Abi orangnya sangat fun dan membuat 3 jam belajar bahasa inggris gak kerasa banget ngantuk sama sekali. Tips dan trik yang Mr.Abi TERUTAMA DI READING DAN LISTENING adalah sangat luar biasa membantu. Kalo di writing juga sangat membantu, tapi cuma writing bagian 1 yakni menulis report. Bah, itu writing bagian 1 insya allah oke mantaplah kalo diajari Mr.Abi hehe.

Nah yang kedua adalah Mr.Joe, dia bule dari UK. Di persiapan IELTS di IDP, Guru native speaker memang hanya fokus untuk mengajari speaking secara blak blakan. Dia akan mengajari gimana cara mengulur2 waktu pas speaking bagian 2 yang monologue. Komposisi nya, dari 9 pertemuan di IDP, 7 pertemuan bakalan full dengan Mr.Abi (orang Indo) dan 2 pertemuan sisanya dengan Mr.Joe (native speaker).

Btw ternyata Mr.Abi guru juga loh di TBI Riau hahaha, gue baru diceritain ama guru TBI gue.


4. Where : kelas gimana dan dimana?
Kelasnya di IDP Bandung Sunjana, sebuah ruang kelas kuliah biasa, yang didalamnya udah ada dispenser buat minum siswa , dilengkapi AC, dan sebagainya. Sistemnya ya siapa cepat dia dapat untuk dapat duduk di kursi bagian paling depan haha. Nah ga enaknya, di dalam ruang kelas tu bisa diisi dengan banyak siswa (sekitar lebih dari 10 orang). Jadi dapat gue katakan, kalo gue bandingkan dengan suasana ruang kelas di TBI yang cuma berisi 4 siswa dan 1 guru, tentu suasana kelas di IDP Bandung ga terlalu kondusif dikarenakan sangat sangat sangat sangat ramai. Ya intinya kalo di IDP Bandung, sistemnya sangat tergantung kepada diri kita sendiri,

Contoh, kalo mau mendengarkan Mr.Abi/Mr.Joe dengan baik ya harus rebutan dapet barisan paling depan dan tengah. Kalau ada materi yang masih ga dipahami kemarin, ya harus inisiatif nanya sendiri ke Mr.Abi setelah kelas usai. Intinya ya harus aktif sendiri untuk diri sendiri, hehe.

Beda kalo di TBI, karena siswanya sedikit, jadi dapat terpantau dengan baik progress dan hambatan tiap siswa hehe.
Ditambah kekurangan lain dari IDP, karena dalam 1 shift bisa ada lebih dari 10 orang siswa, dengan berasal dari latar belakang yang berbeda-beda.....dan ditambah masuk kelas IELTS di IDP ga pake replacement tes, gue dapat merasakan banget kemampuan bahasa inggris di kelas IDP gue adalah sangat TIDAK BERAGAM. 

Sehingga terkadang jatuhnya sangat mengganggu dan menghambat gue di dalam kelas yang mau lanjut/progress ke materi selanjutnya. Contoh kadang gue kesel ada beberapa siswa yang daya tangkapnya leleeet banget, atau ada yang bahkan dih kok tenses gitu lupa sih dan blablabla lainnya. Maksud gue bukan sombong, tapi jujur lo pernah ga sih berada di suatu kelas, terus lo merasa kelancaran kelas lo/materi yang disampaikan ama guru lo jadi lambaat banget cuma karena ada beberapa siswa yang ga ngerti/lama nangkep.


5. Why : Why IDP, not others?
Saya sangat rekomendasikan untuk orang orang yang butuh kursus cepat dan super fleksibel jadwalnya serta ga pakek lama nunggu kelas dibuka. Karena sistem kursus IELTS di IDP tergolong unik, ga perlu replacement test, dan juga walo contohnya cuma 2 siswa yang daftar dan bayar buat kursus dalam suatu gelombang, ya pihak IDP bakal tetep membuka les dan mulai kursus hehe.
Beda banget kan ama gue TBI kemarin, gue harus nunggu 1 bulan baru kelas IELTS gue bisa dibuka setelah siswanya memenuhi kuota yakni 4 orang.

Di IDP, walo baru 1 siswa yang bayar? Bakal tetep dibuka dan berjalan kursusnya hehe.
Di IDP juga fokus banget untuk meningkatkan skor band lu dengan tips trik yang sederhana tapi TEPAT GUNA banget terutama untuk meningkatkan skor hehe.

6. How : BERAPAAN HARGANYA?
Di bulan September 2016, harga untuk ikut kelas persiapan Rp 2.450.000, dan itu ga bisa dibayar cash dan juga ga bisa dibayar debit wkwk. Agak rempong, pembayaran harus dibayar ke rekening bank common wealth apa gitu lupa. Saran saya ya kalo di Bandung, langsung aja pergi ke Bank Commonwealth yang terletak di seberang TBI Dago, jadi setidaknya transfer antar banknya ga kena cas wkwk. 

Duit Rp 2.450.000 itu udah termasuk kursus IELTS selama 9 HARI+materi+kombinasi gurunya native speaker dan guru orang Indonesia. Selama 9 Hari, kita harus les selama 9 hari berturut turut sama seperti sistem TBI (jadi disarankan sekali harus dalam kondisi sehat walafiat biar bisa masuk setiap hari).  Materinya nanti di siapkan setiap kita pertemuan hehe, bahkan disediakan wadah binder untuk menampung materi materi IELTS nya biar tidak tercecer.


Untuk bacaan lain tentang IELTS yang pernah gue tulis silahkan :
Hasil tes pertama IELTS  : disini
Strategi sebelum memutuskan tes IETS : here
Kursus IELTS di TBI Dago : siniaja
Kursus IELTS di IDP Bandung : klikini




Komentar

Postingan Populer