My deepest fear

Akhirnya, naik kelas tiga juga dan. Dan akhirnya juga, my deepest fear come to me. Yes, dengan naik kelas tiga berarti ketakutan terbesar dalam hidup saya datang. Karena kelas tiga itu berarti sudah harus memikirkan yang namanya K.U.L.I.A.H !
aaaaaaaw -___-

Okay, kalo masalah jurusan alhamdulilah udah (hampir) fix. Rencana mau ambil jurusan hukum, soalnya saya hobi cuap-cuap, debat juga suka, juga udah ikut cerdas cermat UUD 45 (emang ngefek?) Nah terus interest kedua ya ama jurusan komunikasi, ntar mau ambil broadcast. Ya karena pas daftar itu harus cantumin 3 jurusan, satu jurusan pilihan saya adalah jurusan fisip, yayyy it is fakultas sosial dan politik. Lah jurusan saya ambil baunya sosial (IPS) semua yah padahal saya anak IPA ? Heemmm, jangan tanyakan lebih jauh mengapa, itu hak-hak saya donk mau pilih apam okay - -"

Nah okai, urusan jurusan udah fix. The big problem now is THE UNIVERSITY. Yes, universitas mana yang akan saya masuki? Ga perlu payah mikir, semua orang tau universitas bagus di negeri ini ya kalo gak UI, ITB, atau UGM atau UNPAD. Empat itu yang paling difavoritin ama publik. Unsri juga lumayan difavoritin di kalangan masyarakat bangka. Mudah, mudah banget nentuin universitas yang mau dimasukkin, tapi masalah sebenarnya adalah : BAGAIMANA CARA MASUK KE UNIV-UNIV TERSEBUT???
It was the real and the biggest problem at all. How ??? Sumpah ini yang selalu berkelabat di pikiran gue selama ini. Karena ada 3 alasan mengapa masuk univ favorit sangat-sangat-SANGAT sulit, yaitu :

1. Saingan saya adalah siswa/i SELURUH INDONESIA
2. Saya adalah anak daerah (kecil) Bangka gituuu - -"
3. Saingan saya SELURUH INDONESIA (lagi)

Saya sadaaar banget, masuk univ itu ga semudah membalikan telapak tangan (wees kata2 gue gaya banget). Ini beda, Ga semudah masuk SMA favorit di Jakarta, di Palembang. Karena saingan gue nanti adalah para remaja di seluruuuh Indonesia. Bahkan gue denger udah ada siswa kelas 2 SMA di provinsi lain yang udah ikut bimbel UMPTN intensif sejak kelas 2 SMA(wtf broo, gue iri dengernya !) dan juga satu hal, gue nanti bersaing lagi ama mereka yang gagal UMPTN tahun lalu yang tentu aja udah mempersiapkan diri dengan bimbel 1 tahun. Shit, lengkap sudah penderitaan gue mendengar saingan-saingannya - -"

Lalu diperparah dengan faktor pendukung lainnya yaitu di daerah tempat gue tinggal, ga ada sama sekali bimbel buat persiapan UMPTN. Parah kan? Yang ada disini cuma bimbel buat persiapan UN (Ujian Nasional) . Beda banget ama di palembang, jakarta ama bandung yang bejibun bimbel2 UMPTN nya. Di sini, N.I.H.I.L sama sekali.

Okay, daripada gue sibuk merutuki nasib malang gue, gue udah mulai bikin rencana tentunya. Gue percaya ama bunyi Al-Qur'an yang mengatakan, “Sesungguhnya Allah tidak akan mengubah nasib suatu kaum kecuali kaum itu sendiri yang mengubah apa apa yang pada diri mereka ” (QS 13:11)

Untuk sementara waktu, gue cuma bisa bersandar pada prinsip di atas. God, semoga, semoga aja Allah senantiasa meridhoi usaha seorang anak daerah kayak gue. Jadi gini rencana gue

1. Pertama, gue bakal daftar beasiswa BATAN (Badan Tenaga Nuklir)
Ini adalah program yang ditawarin ama Batan jauh-jauh hari sebelum ada UAN, UMPTN dan segala tetek bengeknya. Tahun kemarin pas tahun abang gue ada, gue harap angkatan gue program ini bakalan ada lagi ya allah,amiiiin.
Jadi disini Batan nawarin siswa yang mau kuliah di bidang nuklir. Ntar ada beberapa test yang harus dilalui dulu, kalo lulus semua tes, siswa terpilih tinggal milih mau kuliah S1, atau S3nya dimana, ada 3 pilihan univ.nya yaitu : UGM, UI, ITB dan tentu aja semua biaya dibayarin ama pihak BATAN, lalu lulus kuliah langsung dikontrak buat kerja di Batan. Mantap kan?

Gue liat prospek kerja nuklir lumayan menjanjikan, kan nuklir adalah hal baru di dunia teknologi, nuklir bakal dipakai dalam segala aspek, ntah itu buat transportasi, komunikasi atau bidang lain, tapi pasti tenaga nuklir bakalan dipake di segala aspek kehidupan. Jadi kalo nyari kerja juga lumayan luas peluangnya.

Sarah, please deh Nuklir bukan bidang gue banget?
Sumpah gue jijik kalo denger ada orang yang masih pilih-pilih jurusan cuma karena ga suka atau gak minat. Gue bilangin ya, di masa depan, kalo kita tu kebelet mau kerja, kerja apa aja, pasti mau lu kerjain, cuma dapat duit ! Begitu juga ama jurusan kuliah ! Gue gak peduli ntar gue kerja di bidang yang gue sukai apa enggak, yang penting satu : GUE KERJA TETAP DAN ITU NGASILIN DUIT ! Masalah kerja itu di bidang yang gue suka atau enggak urusan belakangan ! Itu cuma urusan waktu, lambat laun gue pasti akan mencintai pekerjaan itu juga kok !

2. Kedua, SMPTN jalur undangan
Pilihan ini cuma gue ambil, in case kalo kesempatan BATAN gue gagal alias gak terpilih. Nah ini gue berjuang pake rapor dan juga selihai-lihai gue ambil prodi. Rapor gue emang rata-rata nilainya, apalagi nilai gue pas kelas X, sumpah nilai gue terjun bebas ! Kelas X emang gue rada-rada nakal, ga ngurusin nilai. Baru kelas 11 ini gue insyaf dan kembali menemukan jalan untuk membenarkan nilai rapor gue, wkwkw.

Tapi emak gue kemaren2 udah nekanin, jangan terlalu berharap ama undangan alias rapor. Soalnya kriteria penerimaan mahasiswa lewat undangan itu kadang ga jelas, ga jelas sama sekali malah. Belum tentu para langganan juara 1 umum itu bisa diterima lewat jalur undangan. Malah biasanya yang cuma 10 besar kayak gitu yang bisa diterima. Alasannya? Ga tau, cuma pihak univ yang berwenang penuh nentuiinya, dan kita ga tau sama sekali standar mereka menerima itu apa, ntah itu karena nilai rapor atau faktor- X lainnya. Jadi gue pokoknya jangan berharap muluk-muluk lah ama jalur ini. Tapi sumpah beneran, orang-orang yang lulus dan keterima lewan jalur undangan adalah orang-orang yang SUPER DUPER beruntung ! So, just try my luck. Semoga allah selalu meridhio gue ! Rencana nya sama, gue bakal ambil jurusan hukum , komunikasi ama fisip UI. UI, ya universitas Indonesia, kalo ga terima ga papa.

3. Ketiga, lewat jalur UMPTN
Kalo rapor gue gagal berjuang, selanjutnya ya ikut UMPTN, dan lagi gue harus bersaing dengan seluruh anak negri yang banyak dan pinternya naudzubillah - -" Gue usahain bakal ikut bimbel, yaaaaa dan walau terpaksa cuma 1bulan lebih dapatnya, yang penting berusaha dulu. Disini prodi yang gue pilih UGM. Gue gak bakalan pilih UI lagi, logikanya buat apa nyoba nembus/masuk ke univ yang udah pernah nolak kita? Hal bodoh kan? Ibaratnya buat apa loe nembak lagi cewek yang pernah nolak loe dulu? Kan Masih ada harapan, Sar? Well terserah, bagi gue hal idiot buat ngelakuin kesalahan yang sama untuk kedua kalinya.

Makanya kalo UMPTN, prodi yang gue pilih ya fakultas hukum UGM, komunikasi ama Fisip nya. UGM, jogja, moga jogja menerima gue kayak kunjungan gue kemaren, hha.

4. Ikatan Dinas, seperti STAN, STIS atau AIM
Yap, kalo universitas negri menolak gue mentah-mentah. Satu-satunya my only final destination is Ikatan Dinas. Tapi garis bawahi disini, bukan berarti gue menganggap remeh STAN ya. No, no, no. STAN jadi pilihan terakhir gue karena emang seleksi STAN itu paling akhir diadainnya, yaitu pas bulan September, akhir banget kan? Makanya, gue nempatin STAN di paling akhir, bukan berarti gue nganggap remeh STAN, atau jadiinya sebagai cadangan. Gile aja, sepinter apa gue mau buat STAN sebagai cadangan gue. STAN, inceran seluruh negri. Bzzzzzz

STAN, seleksinya selalu aja bulan september. Jadi insya allah, gue masih punya banyak waktu buat persiapan bilmbelnya. Seleksi STAN juga alhamdulilah sebagian besar Matematik, bidang yang sangat gue suka. Dan Bahasa inggris, bidang yang insya allah gue bisa. Malah gue berandai, (baru andai aja loh), kalo gue ternyata lulus UMPTN, udah masuk kuliah, tapi gue bakalan tetep ambil bimbel buat STAN, dan ternyata gue lulus STAN (Oh my god, mimpi terbesar sayaa). Pilih mana? tetep kuliah di Negri? Atau ambil ikatan dinas? Tentu saja gue ambil STAN donk ! Kalo kuliah di STAN, itu biaya kuliahnya gratis, itung-itung bisa ngeringanin orang tua gue juga. Lalu prospek kerja? Ga usah ditanya, meen ! Yang namanya ikatan dinas, kita pasti langsung dijamin dikontrak, langsung diangkat PNS, kerja di pajak, BPK d.el.el.


Jadi Back to basic, yang gue cuma prioritaskan PROSPEK KERJA ! Itulah dia.
Kuliah itu bukan masalah gengsi kita kuliah dimana, suka atau ga suka prodi yang dipilih dan lain-lain. Kuliah itu berarti masa depan kita, kita bakalan kerja apa, dan menjadi apa !
Jadi itu aja, gue cuma mau sharing ketakutan gue akan kuliah, serta rencana gue ke depannya. Apa rencana gue terlalu tinggi harapan? Atau terlalu banyak bermimpi? Hahaha, persetan. Pokoknya 4 step itu yang bakal gue lakuin ke depannya, semogaa, semoga aja ya Allah salah satu langkah itu ada yang sukses. Masalah sukses atau enggaknya urusan yang di atas, gue sebagai hambaNya cuma bisa ngerencanain.

Okay, jadi itu aja pikiran gue yang bergelumut. Emang mungkin posting ini terkesan sotoy atau bijak. Apa sih tahunya gue soal kuliah? Cuma siswa SMA kelas 3, di daerah terpencil lagi? Ya mungkin ada yang pikir kayak gitu abis baca posting ini, tapi semoga bermanfaat juga buat siswa yang bernasib sama ama gue, yang baru naik kelas 3. Kalo mw sharing, boleh. Gue malah seneng kalo bahas tentang kuliah. Comment aja di shoutbox di blogs gue paling atas. Dadaaa, C U. Doain gue yaa semoga salah satu dari 4 langkah gur di atas ada yang berhasil. Amiiiiiin !



PS. Kelas 3? I'm comiiiiing !

Komentar

Postingan Populer