Allah cuma nentuin Awal dan Akhir

Eno : "Yang gue tau dalam hidup gue itu...
Allah telah menentukan awal dan akhirnya. Prosesnya kita yang buat, prosesnya kita yang pilih zet"
Gue : "Ha?"
Eno : "Iya itu bener dan itu yang gue yakinin selama ini"
Gue : "Lah kok elu beda ya ama orang lain. Orang tuh ya biasanya, Masa depan sapa yang tau kita bakalan kemana, jadi apa, dimana, No. Kok elu malah gitu?"
Eno : "Yah enggaklah. Allah itu cuma bikin awal ama ending. Prosesnya ya elu tentu sendiri, prosesnya itu yang kita ga tau kemana, jadi apa dan dimana. Tapi akhirnya udah ditentuin ama Dia.
Gini deh, Allah bikin awalnya, elu lahir ke dunia, dengan akhir yang udah pasti jelas kan? Elu meninggal akhirnya. Proses elu menjalani hidupnya yang sekarang kita gak tau. Elu mau menjalani sebagai apa, bagaimana dan gimana itu yang jadi pertanyaan. Kalo endingnya akhirnya, dia udah menakdirkan zet : elu mati. Gitu kalo menurut gue sih."
Gue : "Jadi....Kalo Allah emang 'cuma' nentuin awal dan akhir gue. Kalo case-nya ITB nih. Jadi Allah nentuin awalnya gue masuk ITB, dengan akhir ya jelas yakni gue lulus ITB"
Eno : "Iyah terus?"
Gue : "Sekarang gue tinggal menentukan proses menjalani perkuliahannya?"
Eno : "Iya, simpel kan. Prosesnya elu mau lancar, ya elu belajar terus. Prosesnya elu mau bikin susah, ya lu leha-leha aja tiap hari di kampus. Tapi endingnya udah jelas, elu lulus dari itb"
Gue : " Tapi Mungkin ga Allah masukin gue di ITB cuma buat ngebuktiin gue ga pantes di ITB?"
Eno : "Ha? Apa? Elu kepikiran hal kayak gitu zet?"
Gue : "Ya habis orangtua gue sendiri aja blang "iya mungkin aja". Gimana gue ga down coba"
Eno : "Gini deh, balik ke prinsip gue. Allah udah menentukan awalnya : sarah sekarang mahasiswa ITB, yang tentu aja akhirnya adalah :  sarah lulus dari ITB. Kalo endingnya cuma buat buktiin elu gagal dan ga pantes masuk ITB, Allah ga bbakalan buat awal kayak gini. Dia pasti mulai Dengan Awalnya udah pasti elu ga lulus-lulus masuk ITB. Awalnya beda, dengan ending beda, zet."
Gue : "...."
*speechless*


Komentar

Postingan Populer