A year with Maha Gotra Ganesha 'MGG ITB"

Hallo semuaa
Jadi ceritanya, jam 7 pagi tadi gue baru saja pulang dari SAD, untuk pelantikan calon anggota unit kesenian Bali gue yakni MGG ITB. Setelah OHU, melalui kaderisasi hingga akhirnya tanggal 1 Desember hari ini, 36 calon anggota akhirnya resmi dilantik menjadi anggota unit MGG. Kyaaaaaaa, selamat datang yaa.

Nah lalu gara-gara gue bisa datang dan berpartisipasi menjadi panitiaan pelantikan terutamadi divisi medik, gue jadi inget bahwa artinya udah tepat 1 tahun sejak gue dilantik gue udah bersama unit MGG. And you know what? I learn a lot. I learned new thing, and also I learned new people with the whole different background. Dimana gue berdarah dan latar belakang sumatera, terus gue bertemu dengan anak-anak berdarah Bali ini. Dulu pas OHU, alasan gue daftar unit Bali karena gue pengen bisa nari Bali. Ya keren aja yah bisa nari Bali, secara nari Bali kayak terkenal dunia internasional, bule aja mau belajar masa gue kagak.
Dan sama, setelah daftar di OHU, datang kaderisasi, latian nari,daaan tepat setelah UTS 2 Kalkulus, gue bersama angkatan gue yang lain dilantik menjadi anggota unit kesenian Bali.



Pertama, menjadi anggota sebuah unit kesenian yang bukan daerah asal elu itu....Pasti ditanyain aneh-aneh dan diasumsiin berbagai hal. Seriusan deh, hahaha dari mulai dikirain orang asli Bali, ampe Mama Eno juga pernah kirain  gue dari Bali wkwkw, lalu ampe dosen Bahasa Inggris gue Mr.Rukman bilang rahang wajah gue kayak rahang cewe-cewe Bali apalagi mata belo gue -_-, daan yang paling super edan tentunta spekulasi dari Ruth. Dia pernah bilang gini ama gue "Jadi gue kirain awalnya gini zet, elo tuh lahir di Bali asli Bali, terus elo pindah-pindah gitu karena kerjaan orang tua lu, pindah sekolah kayak mungkin SMA di Bangka Belitung, terus kuliah di bandung, nah makanya elu ikut Bali." Absurd emang si Ruth -_-

Lalu yang kedua, pas setiap latian PPAB tiap senin dan Rabu itu gue mau gamau harus ngobrol ama anak-anak Bali. DAAAN LU TAU APAA, gue gatau kenapa merasakan logat ngomong orang Bali ama orang  Melayu di Bangka Belitung itu mirip. Makanya terkadang gue kalo lagi bareng mereka aja, gue langsung ikut-ikutan logat Bali. Gue emang gatau kosakata Bali satupun,tapi gue bisa ngomong Indonesia pake logat Bali dan itu pretty convincing loooh, wkwkwk. Dan sumpah ya, guee gatau sih  ini emang berlaku untuk seluruh orang Bali atau cuma orang-orang Bali yang berada di ITB,tapi anak-anak Bali itu loyal banget. Maksud gue mereka ga perhitungan terutama masalah uang.Seriusan, mereka tu....bukan boros juga sebutannya, tapi loyal gitu looh. Dermawan? Duh kurang tepat juga sih.Tapi sejenis itu lah. Poinnya, temen-temen gue di MGG itu anaknya baik dan loyal banget, ga pelit, ga perhitungan.

Ketiga, gue jadi tau kebiasaan-kebiasaan mereka. Terutama yang berhubungan dengan agama mereka Hindu. Kayak sebutan"Om Swastiastu" atau simbol Aum or Om (in Devanagari ॐ) HAHAHA gatau kan lo simbol apa itu. Wkwk, lalu ternyata temen-temen gue itu rutin buat  MENGIKIS gigi mereka terutama gigi taring. Bahkan itu kayak sejenis kegiatan ibadah yg wajib loh, kegiatan mengikis gigi  itu. Gue gatau sih tepatnya untuk apa, tetapi kata Eno itu dikarenakan orang Hindu itu Vegetarian atau Veggie. Jadi taring mereka ga pernah digunakan, karena ga pernah makan daging, sehingga tumbuhnya cepet kalo ga dikikis. Gatau sih makna sebenernya apa. Oh iya, dan temen-temen gue itu lumayan selektif kalo memilih makanan untuk acara kepanitiaan, ada yang veggie murni, ada juga yang masih makan daging tapi cuma daging ayam. Kan mereka ga boleh makan daging sapi gitu hehe. Menarik kaan tau hal-hal baru begituan.

Keempat, nama kontak BBM gue terutama kategori MGG itu, semua deretan awalnya huruf "i". HAHAHAHA, seriusaaan.Si sean juga ampe complain wkwkw. Ya temen-temen unit MGG gue itu namanya kalo engga I Nyoman, I Putu, I Gede.....Hahahaa jadi huruf I nya berderet  gituu. Dan lalu ditambah gue jadi tahu kasta-kasta nama di Bali gitu loooh. Kayak nama "Ida Ayu" , untuk cewe itu kasta tertinggi. Kalo cowonya gue lupaaa wkwkwk. Terus beda-beda gitu, kalo keluarga elu pekerjaan utamanya enterprenur juga bakalan ada nama khusus, blablabla. Pokoknya lengkap lah struktur penamaan mereka :)

Dan yang paling akhir, gue akhirnya bisa menarikan dua buah tarian BALI. Yeaaaay, terutama Tari Pendet dan Tari Panyebrama. Apalagi yang bikin gue paling bahagia. Cita-cita OHU gue tercapai, yakni gue harus tampil nari Bali di panggung utama OHU. Daaaan OHU 2013 kemarin gue ama Dwita, Radha dan Dinda pentas tari Panyebrama di panggung OHU. Kalo tari Pendetnya gue pentas di Aula Barat buat tamu asing dari Jepang ama Korea kalo engga salah. Rasanya excited dan bangga bisa menari apalagi nari Bali. 

Oh ya, kenapa ya gue malah belajar tarian Bali, bukan tarian Bangka ? Jadi ada pengalaman pahitnya. Gue tuh gatau kenapa, dari SMP bahkan ampe SMA, gue tuh ga pernah dikasih kesempatan buat belajar tari Bangka apalagi sampai dipercayakan buat pentas tari Bangka. Gue gatau kenapa, tapi selalu aja yang disuruh pentas itu "orang-orang itu" aja, sehingga yang belajar tarian Bangka itu ya cuma kalangan itu aja. Gue gatau kenapa gue ga pernah berkesempatan buat belajar nari Bangka.

Katanya karena gerak gue yang gak gemulai alias terlalu kaku, atau bahkan gue pernah dibilang karena ukuran badan gue yang bukan badan penari. Sampah banget,  njir.   Dan ini terjadi dari SMP ampe SMA, makanya gue jadi ogah belajar tarian daerah gue sendiri. Ya kurang bijak sih gue ga mau belajar cuma karena 'orang-orang' nya yang jahat, tapi ya udah  juga. Gue nyatanya masih bisa belajar tari Bali,yang enggak pernah mengatas-namakan gerakan gue ga gemulai, padahal kan dengan latian berkali-kali gerakan kaku gue bisa diubah kan? Ya udah sih orang-orang di SMA gue emang jahat sih :p. Dan kalo emang alesan badan gue kegedean. Lah elu kira baju tari Bali tuh kurang harus ramping apa coba? Buktinya gue masih bisa berpakaian ala Bali loh kalo emang alasan gue ga boleh belajar nari cuma itu. Sehingga ironinya sekarang, gue lebih suka dan bangga menarikan tarian daerah Bali daripada daerah gue sendiri :') Thank a lot, you damn highschool !

Oh yaa, dan untuk terakhir, selamat datang anggota 2013 ! Nyaman-nyamaan  yaa di unit kesenian Bali. Gue aja non-Bali merasa nyaman di sini, apalagi kalian :') Welcooome to the Family !

Komentar

Postingan Populer