Teruntuk Papa dan Mama


Jadi gatau kenapa ceritanya pengen tulis tentang papa mama.
Hahaha, gara-gara abis liat foto-foto yang mama post di blogs beliau (oh yaaay, mama gue punya blogs jugaa looh -_-)

Terus liat foto ini, pas mama ulang tahun....Iiiih suka banget foto ini, kayak candid gitu loh. This picture tells us, the whole story of them :)

Terus tiba-tiba jadi mikir. Sekarang udah jauh dari mereka. Udah harus tinggal sendiri, mereka di Bangka, gue di Bandung. Liburan desember ini juga kayaknya ga bakalan pulang (demi LFM T__T doain yaaa jadi kru). Terus jadi mikir lagi dulu, mikir ke belakang dan ampe sekarang udah jadi mahasiswa, kuliah di Bandung, di ITB lagi, terus ambil jurusan fisika.

Hmmmmm. Ibaratnya ga nyangka deh bisa kuliah di institut berbasis teknik kayak gini. Lagi baca buku Mary L Boas tentang Teorema Green blablabla, terus gatau kenapa jadi kepikiran papa mama :). Dan ga dipungkiri, gue yang sekarang, gue yang suka eksak,suka itung-itung, bisa kuliah di ITB, bisa baca buku Mary L Boas dalam bahasa inggris tanpa kesulitan...Itu semua ga terlepas dari sosok papa mama juga sih,apalagi pas gue masih SD, hahaha.

Dulu tu gue inget banget deh. Dan kadang heran, kenapa ya bisa ada anak yang ga suka ama matematika, bahkan menganggap matematika susah gitu? Aing mah engga, malah dinikmati aja.Susah sih iya, tapi ya masa belajar matematika ga maju-maju. Mau 1+1 aja? Lebih kece tauu jadi sinus cosinus, invers blablabla.

Dan gue sadar, syukurlah gue punya sosok seorang ayah seperti Papa dulu pas gue masih SD. Mungkin karena beliau , gue bisa jadi suuuuuka dan lebih berteman dengan yang namanya itung-itung, matematika. Dulu gue tuh inget banget. Pas SD kelas 02 sampe kelas 05. Papa gue tu selalu ada nemenin gue ngerjain PR Matematika (dikarenakan dulu SD belum ada loh ya Fisika+kimia). Yang gue inget, dulu kelas 3 atau kelas 4 yah? Ada PR Matematika tentang cari keliling ama luas gitu. Terus gue ga ngerti ngerjain PR, eh Papa bantuin. Bantuinnya tuh bukan bantuin kayak malah dikerjain PR seluruhnya ya ini -___-
Tapi dijelasin. Serius dijelasin dan diajarin ama Papa :') Ahahaha

Beliau tuh salut pengen nemenin anaknya belajar, malah ngajarin. Inget deh kalo tiap sore menjelang malam, papa pasti nemenin belajar di papan putih  kecil. Dulu juga ngajarin gimana menyelesaikan akar. Hahahhaha Akar kuadrat dulu tuh kayak momok banget pas masih SD. Dan yang diajarin tuh selalu matematika. Ga tau sih kenapa ga pernah pelajaran lain. Soalnya tiap papa ngajarin tuh kayak make sense. Hahaha
Tapi kayaknya gue tau deh kenapa pas kecil gue langsung ngerti dan inget ama pelajaran matematika.
Lalu menjelang gue masuk SMP, papa ga pernah lagi ngajarin. Gatau kenapa sih bisa berhenti. Mungkin kayaknya gara-gara pelajarannya makin susah dan kompleks gitu, ga sesederhana soal-soal bocah SD. Tapi gue ga marah, ga kesel sih pas SMP udah ga pernah diajarin. Gue juga gatau kenapa kayak ujung-ujungnya ngerti lalu lebih sering belajar ama temen, ama cucut, ama vira, ama fifi , ama rio yus, hehe.

Tapi selama gue SD beliau udah mau mengajarkan dan nemenin gue ngerjain PR matematika?
Hmmmm mungkin beliau orang pertama yang bikin gue jatuh cinta dan suka itung-itungan :')

Naah lalu kedua tentang kemampuan bahasa inggris gue. Hahaha, over all alhamdulilah gue ga pernah merasa dihambat ama faktor ini apalagi dalam belajar. Iya sih gue tau bahasa inggris belum sepro itu (HEEH KITA SAMA-SAMA AB yaaah !  I bet you read this, hey you :p), tapi setidaknya bahasa inggris gue ga senorak ama sebobrok itu kok .__. Iya ciiyus kok.

Tentu aja latar dan kemampuan english gue, dipengaruhi ama mama gue yang juga berprofesi sebagai guru bahasa inggris. HAHA. Gatau sih, mungkin dulu karena gue malu kalo orang bilang "Idih anak guru bahasa inggris kok ga bisa". Ga langsung menjadi sebuah pecutan bagi gue selama SMP hingga SMA untuk jago dalam bahasa inggris. DAAAAN perjuangan gue selama 3 tahun (terutama pas SMP banget sih gue struggle gila-gilaan), akhirnya kemampuan bahasa inggris gue cukup mumpuni dan diakui ama orang-orang wkwkwk. Tapi seriuuus, gue ngebangun kemampuan bahasa inggris ini 3 tahuun ! Dan bahkan ampe sekarang gue masih belajar bahasa inggris, bahkan gue mau ambil kursus bahasa Inggris walo gue udah kuliah di ITB. Yaah menurut gue, kemampuan gue harus selalu diasah, aing juga udah ngerasa nih bahasa inggris gue udah agak menurun. Semester kemarin aja masih syukur ada mata kuliah bahasa inggris, jadi mau ga mau belajar. Huhuhu.
Dan gue tuh masih inget, inget banget kapan pertama kali gue tau bahasa inggris. 

Jadi kan dirumah gue tuh banyak buku-buku pelajaran anak SMP tentang Bahasa Inggris gitu kaan,secara mama gue guru. Naah gatau kenapa gue tu dulu pas kecil iseng-iseng maen di bawah rak buku. Terus bosen, terus buka-buka buku beliau. Kan tau sendiri buku  bahasa inggris itu gambarnya banyaak, lucuuu, jadi menarik gitchuu. Terus pas gue mau baca keterangan gambarnya itu tentang apaa, eeh ga bisa gue bacaa. Kan beda gitu baca bahasa indoonesia ama bahasa inggris, tapi pas itu kaan gatauu. Terus gue heran kaan, ih kok nih buku aneeh sih. Terus gue coba baca lagi, apa gue salah liat atau apa. EEH tetep ga bisa. Terus gue berangkat dari rak, cari mama gue sambil bawa bukunya. Dan lu tau ga apa yang gue bilang ama mama gue?

 "Ma, buku mama ini salah cetak deeh. Masa tulisannyaa gini, salah  cetak ya ma"

Terus mama gue liat  buku mana yang gue maksud. Pas beliau tau itu buku pelajaran bahasa inggris, mama gue cuma ketawa terus bilang kalo itu buku bahasa inggris, emang beda, bukan bahaa indonesia. Terus gue masih ga ngerti kan, terus eeh gue malah diajarin cara baca yang baik dan benarnya gimanaaa. And That's How I Met Your Mother of English,Kids....
Wkwkwkwk jadi Ted Mosby gitu

Jadi, diri gue yang sekarang. Yang tercatat sebagai mahasiswa Fisika, disalah satu institut berbasis teknik ini, kalo engga karena Papa yang selalu meluangkan waktu untuk menemenin gadis kecilnya kerjain PR Matematika, atau kalo Mama yang bukan seorang guru Bahasa Inggris mungkin...
Mungkin cerita hidup gue sekarang bakalan beda. Gue ga bakalan suka hitung-hitungan, mungkin gue ga lancar bahasa inggris, mungkin gue kuliah dengan jurusan sastra?Sosial?Kedokteran? Hahaha God Only Knows lah yaa gue bakalan gimana kalo tanpa Papa Mama dulu.

Cuma itu sih cerita gue  tentang seberapa influent Papa Mama gue hingga gue bisa berkuliah di ITB dan menyukai pelajaran-pelajaran eksak. Just want to tell the world, How proud am I to be their daughter :)

Ps. Kangen Papa Mama :')

Komentar

Postingan Populer