Kuliah di ITB itu susah

Jadi pas masuk kuliah, pernah denger gini
"Masuk ITB itu mudah, tapi
keluar dari ITB (read : lulus) itu yang susah"



Hmmm. Jadi lagi-lagi masih edisi SNMPTN atau SBMPTN, ada adik kelas yang  menghubungi saya daan seperti biasa bertanya-tanya mengenai seputar dunia kuliah, gimana tembus ujian masuk universitas, persiapan apa aja dan rekomendasi bagusnya jurusan apa. Nah kali ini ada yang nanya nih, gue gatau sih pertanyaan ini patut apa engga mengingat dia baru kelas 3 SMA, ya maksud gue belum tentu juga kan dia masuk ITB, sapa tau dia lebih tertarik masuk univ lain. Pertanyaannya adalah :


"Kak, katanya kuliah di ITB itu susah ya?"


Hmmm.... Bisa dibilang saya setuju sih , karena saya pribadi mengalaminya sendiri. Apalagi semester pertama di ITB, yakni di masa TPB. Dulu mata-mata kuliah wajib TPB yakni Kimia Dasar, Fisika Dasar bahkan Kalkulus, hmm saya  3-3nya dulu ampe harus ikut UAS :')

Oh iya, mungkin sedikit berbeda di universitas lain. Kalo di ITB tahap TPB itu. Istilah UAS bukan berarti Ujian Akhir Semester pada umumnya. Namun UAS itu adalah ujian perbaikan alias kesempatan terakhir untuk memperbaiki nilai mata kuliah. Kalo UAS gagal berarti nilai kita tetep kecil, well berarti harus ngulang  mata kuliah di semester depan. Naah, dan gue saking parahnya ampe 3-3 mata kuliah itu UAS semua. Depresi? Iya sih depresi banget. Gue udah takut banget kalo nilai gue ga bisa naik abis UAS, ya secara gue gamau ngulang semester depan :''. Walhasil, untung karena gue berteman dengan orang-orang yg tepat seperti Wulan, Qiva, Dayat  terutama Eno, which is ampe kita cinlok dan pacaran karena sering belajar bareng :p, akhirnya gue berhasil menggunakan kesempatan UAS itu dengan baik dan gue lulus TPB tepat waktu.

Gue ampe belajar jungkar-balik, malem begadang ga henti cuma buat persiapan UAS.  Gue juga udah ga malu lagi kalo nama gue tercantum dari salah satu nama-nama yg harus ikut UAS di setiap dinding prodi, yang penting cuma satu : GUE GA PERLU NGULANG SEMESTER DEPAN ! Dan tentu tanpa ditemenin ama temen-temen TPB gue, mungkin gue juga ga bisa ngelewatin UAS. Jadi kalo mau sukses kuliah di ITB, sebenernya secara ga langsung siapa temen-temen yg elu punya juga cukup berperan penting looh hehe. Dan ternyata gue baru sadar, di semester 4 banyak temen-temen gue yg harus ngulang mata kuliah kimia dasar, fisika dasar dan kalkulus.

Nah fokus lagi kepertanyaan, Kuliah di ITB susah  atau engga.Hmmm menurut pendapat  gue ya ini,beserta  hasil pengamatan gue.
Jujur, mungkin untuk beberapa mahasiswa ITB terutama yang berasal dari luar pulau Jawa kayak gue, pasti akan merasakan perubahan besar ketika masuk  ke sistem perkuliahan dan pembelajaran ITB. I see them, and yes I have a lot of prove. Gatau kenapa sih, tapi anak-anak yang berasal dari luar Jawa, kayak gue dari Bangka Belitung contohnya, itu susah banget dan lumayan agak lambat mencerna perkuliahan di kelas. Beda banget ama anak-anak yang berasal dari Jawa, terutama kota-kota besar kayak Jakarta, Bandung apalagi yang selalu bikin gue kagum anak-anak dari SMK Penabur wkwk.

Kalo elu, mahasiswa ITB terutama TPB, yang merasa 'duh kenapa sih gue goblok banget, kenapa sih gue ga kayak mereka?'. Do not worry that much, because you are not alone :) I ever felt that way in my first semester in this institution. Tapi ga jadi alasan kita buat minderr kok :) Malah jadikan itu sebagai temen belajar kita, ga perlu malu buat minta diajarin ama mereka. Seriusaan, hahaha atau mungkin malah bisa jadi cinlok :p Cowo-cowo ITB somehow became that desprates in love wkwk Naah menurut dugaan gue, mungkin faktor 'agak ketinggalan' di semester awal TPB memang dikarenakan bedanya kualitas dan fasilitas SMA di tiap daerah ya, see? there's nothing wrong with you, cheer up cheer up :''')

Nah tapi kabar bahagianya, untuk anak-anak daerah kayak gue.  Kita ga bakalan berada selalu di bawah dalam hal akademik ini kok :) Mulai memasuki jurusan, entah kenapa gue merasa semua terasa lebih lancar  terutama gue merasa setidaknya di dalam kelas setiap dosen ngajar, gue merasa udah sejajar ama mereka, anak-anak dari Pulau Jawa ini, :') . Gue juga udah ga minder tiap liat pengumuman nilai di papan mading prodi. Gue udah sejajar dan mampu bersaing dengan mereka, setelah ditempa 1 tahun di masa TPB dengan perjuangan keraaaas ! wkwkwk. Malah ga sedikit juga anak-anak dari kota besar ketika udah masuk jurusan malah merosot which is mean : ITB itu juga dibutuhkan sebuah kesungguhan dan kerajinan diri untuk belajar setiap kesempatan ampe  gue sering menamakan  ITB : Institut Terus Belajar. Gue ada teman di Fisika,anak cowo dari Bandung, terkenaal pinteeeer banget, tapi dia males kuliah, sering bolos, dan hasilnya? Gue melihat  nama dia tercantum sebagai salah satu anak yg harus ikut UAS. See? ITB is not that hard, but it is all about your hard work. The harder you work, the easier to conqueer ITB.

Jadi intinya, untuk adik kelas gue tersayang. Kuliah ITB itu engga susah. Asal kita terus rajin , ga cuma rajin belajar di semester-semester awal :p mengingat masih euforia bangga bisa masuk ITB.  Tetapi semangat belajar terus, biar bangga bisa lulus tepat waktu. Doain saya juga yaa kuliahnya ga ada yang ngulang :)

Ps. Hard works will never betray you

BTW per April 2020, ada beberapa pesan/komentar dan whats app yang masuk dan konsultasi mengenai susah nya kuliah di ITB dan cara menaklukannya. Bahkan saya sampai terharu ada yang cari profil fesbuk saya dan kirim pesan ke saya, nanya nanya tentang adiknya yang kuliah di ITB (seperti gambar dibawah). Buat siapapun kalian yang sedang membaca ini dan ingin curhat masalah kuliah di ITB (baik itu kalian sebagai Mahasiswa Baru, atau ada adik/kerabat/anak kalian yang sedang mengalami kesulitan kuliah di ITB), PLEASE FEEL FREE TO SEND me a message. bisa via fesbuk, bisa via email yahoo di azz_sarah@yahoo.co.id



Ditunggu jika memang ingin berkonsultasi dan selamat berjuang !

Komentar

Unknown mengatakan…
Thats really motivate me
Thanks for the info
Sarah Azz mengatakan…
semangat ! kamu pasti bisa kok
aku aja bisa lulus tepat waktu dan IPK 3koma
meski TPB kemarin hampir ikut seluruh UAS !
Clars mengatakan…
Kita sama-sama dari Bangka Belitung :) Aku pengen kuliah di pulau Jawa tapi gatau seberapa besar perbedaan kemampuan dengan mereka, oh iya, kakak, alumni sma/smk mana ya?
Clars mengatakan…
Kita sama-sama dari Bangka Belitung :) Aku pengen kuliah di pulau Jawa tapi gatau seberapa besar perbedaan kemampuan dengan mereka, oh iya, kakak, alumni sma/smk mana ya?
Clars mengatakan…
Kita sama-sama dari Bangka Belitung :) Aku pengen kuliah di pulau Jawa tapi gatau seberapa besar perbedaan kemampuan dengan mereka, oh iya, kakak, alumni sma/smk mana ya?
Sarah Azz mengatakan…
hai @clars !

Perkenalkan, aku dulu SMA nya di SMA 1 Kota Pangkalpinang.
Semoga kesampaian yaa cita cita kuliah di Pulau jawa !
Kamu SMA mana?

Postingan Populer