Makan Pertama di Hanamasa

Jadiii kemarin gue merayakan anniversary guee yang pertama ama enoo loooh hari sabtuu. AAAAA gilaa, baru  kali ini gue pacaran ampe  SETAHUNAN ! setelah sebelum-belumnya gue tiap pacaran paling cuma bulanan maennya, wkwk. Sekarang udah upgrade dooong ampe tahunan levelnya, hehe. Doain yaaaa kita berdua makin dekaat dan makin serius :)

Nah jadi karena moment setahunan itu momen yang.....SETAHUNAN woyy, jadi kita berdua memutuskan untuk merayakan dengan cara yang harus precious jugaa laah. Gila aja masa usaha bersama, saling mengerti satu sama lain, cuma dirayain biasa-biasa. Jadi gue ama eno memutuskan sebulan sebelumnya, buat merayakan anniversarynya di.....

HANAMASA !!!!

*yeaaaay*
Jadi sebelumnya , udah sebulan kita rencanain KUDU makan di hanamasa demi apapun untuk menghargai kebersamaan satu tahun ini. Jadi gue ama Eno bela-belain nabung buat uang makan disana, dan ditambah kita yang ngelakuin riset dengan cara googling dan browsing tulisan tentang pengalaman makan di hanamasa. AAAAND here is ours !

Jadi karena tanggal 14, jatuh pada hari Sabtu, kita berdua berarti bakalan makan di Hanamasa hari Sabtu. Hmm oke, kita berdua udah perhitungin, Sabtu dan Minggu itu weekend,yang berarti jangan ampe pas malam kesana, karena pasti rameee dan peak time orang-orang buat ngabisin waktu apalagi malam minggu kan. Jadi kita udah rencanain makan disana jam 12 siang-an gitu, dan ampe bela-belain ga makan dari pagi wkwkwkw.

1. Come and Tell the Waitress
Jadi pertama kali datang,pertama lapor dulu ke meja resepsionis nya untuk bilang mau reservasi buat berapa orang. Daaan  seperti yg kita duga, jam 12an ituuu masih sepi pisan, jadi kita berdua ga perlu menunggu di ruang tunggu. Naah  Pas udah jam 1, Hanamasa ramee banget ampe gue ama Eno liat orang-orang harus nunggu ampe ada meja yg kosong baru bisa masuk. See? Jadi timing ke Hanamasa nya harus di perhatikaan banget biar ga bete nunggu yaa. 

2. Sit, Wait, and WATCH OUT !
Naah, karena kita berdua ga perlu nunggu, kita langsung dianterin ke sebuaah meja dan kursi, which is setiap meja di Hanamasa sudah di lengkapi ama pemanggang dan sebuah panci untuk merebus. Gue ama Eno sok sok stay cool gitu pas duduk dianterin mbak-mbak kimononya. Abis itu kita diemmmm aja sok cool , membiarkan mbak-mbaknya melakukan apa yg harus mereka lakukan.

Jadi mereka bakal letakin berbagai mangkuk, sumpit, piring, beserta kecap dan kecap wijen untuk keperluan yakiniku, daaan onion, bihun ditaburi sayuran buat shabu-shabu dan tentu saja semangkuk nasi putih. Setelah semua diletakin, lalu pegawainya meletakan sebuah lemak SAPI di atas grill (pemanggang), inget yaaa ini lemak SAPI, bukan babi -_- dan bentuuknya emang aneh untuk yang belum pernah liaat. Jadi biar diolesi ke grill dan grill nya enak buat panggang apapun. Naah setelah mangkuk dan kawan-kawan sudah diletakan, lemak sapi sudah dioleskan, WATCH OUUUT

*Hint :
Jadi karyawannya bakal dan bahkan selalu menawarkan elu untuk memesan minuman yang ada di buku menu. Inilah yang kesalahan fatal yang sering org lakukan ketika di Hanamasa sehingga mereka harus membayar extra charge ! Padahal kalo elu liat di web hanamasa officialnya, paket AYCE yang mereka sediakan udah termasuk MINUMAN ampe sepuasnya dan lu bisa pilih sesukanyaa. So watch out this trick one !

Gue ama Eno yang udah tau hal ini langsung bilang "Eh ga usah, mau paket yakiniku shabu-shabu aja, makasiiiiih". Daaaan there she goes, and the hunt begins !

3. Hunt, Take, take and TAKE !
Setelah elo lolos dari trik minuman karyawan, sekarang waktunya kita berburuu makanan AYCE ! Tertulis : Hanamasa Restaurant menyajikan hidangan dalam bentuk Buffet mulai dari Appetizer, Soup, Entree, Main Course, Dessert, Coffe/Tea serta menyediakan nasi. 

Jadi pas gue ama Eno langsung menyerbu buffet, memang bakalan ada 4 buffet. Buffet pertama berisi Appetizer yang kebanyakan besar berupa salad, daan ada acar juga :3. Eno sih lebih memiilih ambil salad, tapi gue udah bosen salad yg mirip Pizza Hut gitu, jadi gue lebih memilih ambil acar berupa wortel gituu.

Buffet kedua  adalah Yakiniku,berisi semua daging mentah. Mulai dari daging sapi, ada yg dimarinasi ama blackpaper dan bumbu lainnya, lalu ada daging ayam, jerowan AJA ADA ANJIIR ini gue ga ngerti lagii, terus rollade, sosis, SUMPAH SOSISNYA ENAAAAAK, ama seafood kayak cumi ama udaang,ikan.

Buffet ketiga adalah Shabu-shabu. Jadi shabu-shabu itu kebanyakan terdiri dari sayur-sayruan dan seafood. Jadi kayak rebusan dari daging ikan, udang, dan kepiting. Kalo sayurnya ada bawang bombay, sawi, tofu, banyak deh sayur-sayur untuk direbus.

Dan buffet terakhir adalah buffet Dessert yang berupa buah-buahan lengkap dengan BUMBU RUJAK, gue ga ngerti deh resto jepang ada bumbu rujak -_-. Tapi gue suka ambil mangga muda nyaa, biar menyegarkan lidah gue abis dri makan gitu. Ada bengkoang, semangka, pepaya ama meloon.

Lalu diujung buuffet, ada tempat untuk refill saus kecap , wijen, onion grill dan tempat mengambil nasi lagi jugaa. Dan disitu ada mangkuk, sendok, piring,garpuu bersih untuk meletakkan pilihan makanan buffet lo.

4. It's time to COOK !
Jadi biar ga terburu dan kayak orang norak gitu, gue ama Eno cuma ambil seadanya dulu. Play cool dong, wkwkwk ga usah norak kayak orang di kondangan gitu. Jadi ronde pertama kita fokus pada yakiniku. Tapi bedanya eno ambil udang *which is gue alergi -_-*, nyobain sosis-sosis juga, dan sumpah sosisnya ENAAAK. Sedangkan gue lebiih bereksperimen yakiniku di cumi, daging sapi yang udah dibumbui berbagai macam, ayam daan ikan.

Nah untuk yakiniku, dia harus pake grill yang udah elu oles-oles ama lemak sapi tadi kaan. Terus elu letakin deh di pinggir-pinggirnya. PINGGIR nya yaa, bukan di tengah-tengahnya. Wkwkw kemarin eno mau letakin ditengah  grill coba -_- padahal tengah itu untuk lemak sapinya biar meleleh gitu-_- Eno norak :p Sebelum diletakin di grill, dagingnya celupkan di kecap wijen yang dikasih ama karyawan di awal step tadi. Jadi guna ada dua kecap, yakni kecap dan kecap wijen adalah kecap wijen untuk di celup sebelum grill, kecap biasa adalah dicelup sesudah daging di grill. DAAAN gue bisa menentukan sendiri tingkat kematangan yang gue mau. Gue tuh paling aware ama tingkat kematangan sebuah daging, kalo dagingnya udah ga mateng  aja di lidah gue, bisa gue muntahin. Makanya gue suka banget di hanamasa, gue bisa sesuka hati ><

5. EXPLORE MORE !
Jadi salah satu keuntungan di Hanamasa adalaaaaah lu bisa BOLAK-BALIK BUFFET nya, yeaaaaaaaaaay
Makanya, elu  ga perlu norak ambil banyak-banyak ampe super lebay kayak gunung makanannya. Seloo aja, ambil dikit-dikit, kalo suka? Ya tinggal ambil lagi kaan, wooles :p. Nah abis yakiniku, gue coba shabu-sabu. Tapi gue ga begitu berani ambil macem-macem takut alergi kepiting ama udang :( jadinya cuma ambil sayur ama tofu  doang untuk direbus, beda ama Eno yang eksperimen banget ama buffet shabu-shabu kayak hampir semua dicobain wkwk.

Ketika eno sibuk explore di buffet shabu-shabu, gue mencoba ke sebuah tempat yang terpisah sendiri dari buffet, jadi ada karyawan kayak koki-koki gitu yg handel grill gede. Gue awalnya ngajak eno buat nyobain juga, eeeh tapi eno ragu ama takut entar makanan-makanan di bagian itu, extra charge. Gue awalnya takut juga kaan, tapi hmm ya mana kita tau kan kalo ga nyoba. Akhirnya gue coba ke sana. Jadi disana ada bermacam makanan yg ditusuk, jadi kayak sate gituu, barbekyuuu, ama beef roll dan ada chicken wings. Jadi gue pesen ama koki karyawan  barbekyu ayam 4 tusuk, beef roll dua ama chicken wings 4.Terus gue kira langsung diambil gitu kaan, ternyata engga. Jadi kalo dtempat ini, karena bukan kita yang grill, tapi koki-kokinya sehingga membutuhkan waktu yg lama, jadi nanti pesenan bakal dianterin ke meja. Hmm awalnya gue takut kaan, njiir entar emang bayar tambahan, tapi ya udahlah -_-
OH YA DAN BTW, BARBEKYU yang gue pesen sumpah itu ENAAAK banget. Yang paling gue suka adalah daun bawang gosong ditusukan barbekyu gue....sumpah itu enak dan gurih banget


5. Drink, Drink, Drink !
Jadi buffet minuman terpisah dari buffet makanan. Di buffet minuman, gue menemukan berbagai minuman siap saji. Kayak capucino, thai tea, air jeruk, air teh manis, dan berbagai macam soda, tempat sodanya tuh kayak yg di kfc-mcd gitu deh wkwkwk gue norak.Terus gue mutusin buat ambil thai tea untuk gue dan eno es teh manis. YAANG kemudian,enonya mau thai tea -_- ih manja bangeet udah diambilin padahal dasar wkwk. Dan tentu saja ini elu boleh pilih minum apa  dan refill lagi sepuasnya. See? Makanya ga perlu pesen minuman tambahan yang ditawarkan karyawannya, karena di paket itu sebenernya kita udah dapet minuman sepuasnya.

Lalu terakhir, ternyata ada buffet ES CAMPUUUUR. Jadi disini YOU MAKE YOUR OWN ES CAMPUR (again) ! Jadi di buffetnya udah tersedia agar-agar, cincau dan bahan-bahan buat bikin es campur lainnya lah yaa. Jadi elu bisa racik es campur ala elo sendiri sesuka elu.Nah karena eno dan gue baru menemukan keberadaan buffet ini ketika perut kita udah penuh, kita berdua akhirnya memutuskan untuk tidak mengambil es campur T___T

Kenapa? Karena kita takut ga kuat lagi buat abisin es campurnya entar. Jadi peraturan lain di Hanamasa itu, LO HARUS MENGHABISKAN SETIAP MAKANAN YANG ELU AMBIL. Ga boleh engga abis. Gue gatau sih , tapi gue denger-denger katanya kalo ga abis, elu bakalan di extra charge lagi ama makanan-makanan yg sisa loo ga abis.  Hiiii ogah banget gue ama eno bayar tambahan cuma karena makanan sisa yg kita mubazirin kaan. Makanya gue ama eno memutuskan untuk sangat menghargai makan di Hanamasa dengan cara mengambil makanan secukupnya namun sepuasnya :)

6. Pay the PRICE !
Daaan here's come the most crucial phase in eating at Hanamasa. Ketika eloo harus membayar.Hmmm gue awalnya deg-degan banget ama Eno.Apakah gue ama Eno tadi melakukan hal yg fatal hingga Akankah gue kena extra charge? Soalnya gue ama eno udah hitung kita ga bakalan keluarin uang lebih dari 150ribu rupiah karena di websitenya :

Hanamasa Makan Minum Sepuasnya :

Menu Harga
Dewasa
Yakiniku Rp. 128.500,-
Syabu-syabu Rp. 128.500,-
Anak-anak
Yakiniku Rp. 106.500,-
Syabu-syabu Rp. 106.500,-
* Harga Belum Termasuk Pajak Restaurant 10% 

Tapi awalnya gue was-was karena gue tadi pesen barbekyu, beef roll dan chicken wings itu looh T__T duh jangan-jangan itu ga termasuk paket.....Dan ternyata ketika billnya datang, harga yg harus kita bayar


Daan ternyata harganya normal sodara-sodara.Wkwkwk, jadi ternyata yg tadi gue pesen di buffet terpisah itu udah termasuk harga paket kok. Jadi ga  perlu khawatir ada charge tambahan :). Daan terakhir yang bisa gue laporkan adalah harga Hanamasa terakhir yg gue kunjungi adalalah 138.500/kepala

Happy Hanamasa, everyone ! :)



Ps. Gue dan  Eno dapet kalender hanamasa yang berharga 300ribu doooooooooong wkwkk and anyway, Happy Anniversary, Eno!


Komentar

unique mengatakan…
Ente kan makan dua2 nya yaki ama shabu begitu jg si eno, d harga menu kan yaki (doank) Rp138.500 bgitu juga shabu (doank), sdangkan ente kan g makanin yakiniku doang tp nyoba k buffet shabu jg, trmasuk si eno jg nyobain kduanya, tp kok harganya g d kenain perKpala yaki n shabu malah d bill nya cuma yg org atu yaki yg org atunya lg shabu. Tlong jlasin dong ?? hhehe... (curious tingkat dewa)
Unknown mengatakan…
fikiran kita sama unique..klw gitu sekalian rame2 aja
Aiga mengatakan…
Iyaa tuh dua gitu kena satu kepala yaa??
Unknown mengatakan…
Terus kira" kalau buat 5 orang bayarnya berapa ya??
Unknown mengatakan…
Kira" kalau buat 5 krang kena harganya berapa ya??
Unknown mengatakan…
Kira" kalau buat 5 krang kena harganya berapa ya??
Sarah Azz mengatakan…
maaf baru bales, kemarin saya terakhir ke Hanamasa lagi sekitaran Mei hehe. Sekarang 1org tu 185ribu, jadi dikalikan saja 185.000 x 5 orang total bayarnya 925ribu hehe

cek aja di website nya : http://www.hanamasaresto.com/menu/
Sarah Azz mengatakan…
iya jadi sebenernya ga peduli walo 1 orang makannya yakiniku ataupun shabu shabu.
intinya bayarnya tetep per kepala kok hehe


soalnya harga yakiniku maupun shabu shabu juga sama kok hehe.

btw updatean saya juga Mei kemarin baru ke hanamasa lagi berlima, harganya naik 185.000/kepala

jadi total bayar 925.ribu itu udah untuk 5 orang semua, ga peduli mau makan yakiniku ataupun shabu shabu hhe
Unknown mengatakan…
Jadi misal saya makan berdua trus mesen yakiniku sama shabu2. Jadi bayarnya 270rb?
Unknown mengatakan…
Jadi misal saya dateng ber-2 harus bayar buat 2kepala?
Unknown mengatakan…
Jadi misal saya dateng ber-2 harus bayar buat 2kepala?
Unknown mengatakan…
Emangnya harus dioles minyak sapi?ada minyak lain gak?
Asep Sukirman mengatakan…
Kalau kita nangkring seharian disana, boleh ga?
Asep Sukirman mengatakan…
Kalau kita nangkring seharian disana boleh ga sih?
Asep Sukirman mengatakan…
Kalau kita nangkring seharian disana, boleh ga?
Food addict mengatakan…
Itu hanamasa yang dimana mbak?
Unknown mengatakan…
Saya baru mau coba ke hanamasa, kalo untuk 3 org kira" brp ya harga nya?
Untuk menu hanamasa makan sepuasnya yaki dan shabu
Unknown mengatakan…
Kalo tmbh soju ama bir gmana tu 😁😁
Rizki mengatakan…
Update donk , sama cemcemannya masih awet kah..atau udh bubar jalan...hehehe..
Sarah Azz mengatakan…
@Dinda kinasih : ini dulu di Hanamasa Bandung yg di Dago, hehe. saya kalo hanamasa selalu di hanamasa dago, soalnya deket kostaan hihi
@sri lidana : bisa cek di website hanamasa sih mbaak, harga per kepala skrg brapa, terakhir saya mei 2017 kesana , 1 org udh 185ribu/kepala, 3 org artinya 550ribuan lah ya
@ichwan yoges : Ya pasti kena tambah extra charge diluar harga per kepala mas kalo bir dan soju hhe, soalnya ad tertera di menu minuman kalo bir/soju itu berapaan

@rizki adi sutera : HUHU udah putus jaman kapan mas ama yg eno ini haha ((makanya ga update makan anniversary lagi))
Pak s mengatakan…
Kalau saya ajak 8 orang tapi 4 orang tidak makan(jadi teman makan aja),apa 4 orang tadi bisa tetap didalam hanamasa atau ga boleh masuk?
Bro s mengatakan…
Kalau saya ajak 8 orang tapi 4 orang tidak makan(jadi teman makan aja),apa 4 orang tadi bisa tetap didalam hanamasa atau ga boleh masuk?
Sarah Azz mengatakan…
Hai Bro's !
Kemungkinan besar tidak boleh masuk sih.
Karena mereka akan menanyakan berapa kepala setiap mau masuk hanamasa.
Meski tidak terlalu ketat sih , tapi menurut ku makan/tidak makan, pasti jatuhnya dihitung semua kepala di meja tersebut.

Postingan Populer