EPIC JAVA just totally....E.P.I.C !

Epic Java :
Let's me just describe you what is it all about. So it is a 30 minutes of non-narative and semi-documentary film visualisizing some amazing places in Java Island back up with a very great sounds effect made by undergraduate students of FSRD ITB. EPIIIIIC ! ITB WOOOOY ITB !




Pas awalnya gue nonton film bareng kru LFM, Gue browse-browse dulu kan, ini film tentang apa? Atau tahun berapa keluarnya? Atau mungkin ada trivia-trivia lain gitu. Tapi pas gue dapet 2 buah trivia yang bikin gue rela di LFM malem-malem demi nonton nih film ya itu.....Satu, yang film ini bener-bener original buatan anak FSRD, mulai dari ide, shoot, bahkan yang gue salut....BACK SOUND nya sendiri mereka buat dan trivia yang kedua adalah film ini udah banyak masuk festival-festival film bahkan pernah menang. Daan luckily, karena masih sama-sama sealmameter, sehabis nonton film kita diskusi film bersama scipt-writer dan sound directornya.

Walo cuma 30 menit. Seriously, it took my breath away, it blowned up my mind, AND YES I AM FREEZING.Gue ga bisa berhenti berdecak-decak-decak-decak-decak-decak kagum ! Gue merinding kayak, "njir mahasiswa udah bisa bikin ginian? Seriusan? Situ emang lulusan ITB ?" wkwkwk. Dan lalu, abis itu gue langsung mikir. 

Gue gatau, kalo ternyata Gunung di pulau jawa itu sebenernya merupakan salah satu pesona dari alam Indonesia. Gunung dan Jawa itu emang sudah identik, sudah kayak jadi suatu hal yang engga dapat dipisahkan,dan itulah mengapa Pulau Jawa itu subur, karena mereka ada gunung. Semua tumbuhan , sayur-sayuran dapat tumbuh. Dan yah, gue sadar satu hal yang krusial : Gue udah terlalu sering MENONTON TELIVISI dan segala pemberitaan yang sangat subjektif (sampah). Gue baru nyadar, seberapa sering berita di TV mempojok-pojokan suatu bencana alam, entah itu tentang banjir, hujan termasuk salah satunya yang recently banget gunung berapi. Padahal sebenarnya disitulah titik keseimbangan alamnya. 
It's not something we should complaining about, Every mountain should errupt sometimes. Gue baru nyadar, SEBEGITU jarang dan sedikitnya gue mendapatkan sebuah sajian TV yang berbau positif dan apresiatif menyangkut negeri ini. Selalu aja cuma mengulas kebobrokan sana sini. Gimana masyarakat kita engga menjadi skeptis kayak gini? Kalo konsumsi mereka sehari-hari hanyalah citra negatif.




Heyy, Indonesia itu masih banyak positifnya, masih banyak nilai plusnya. Kalo bukan kita yang bangga terus bakalan siapa lagi yang bangga? Hmmm gue baru-baru tersadar, gue harus menjauhkan diri dari TV.


Dan satu, satu kalimat pembuka yang lumayan nyentil tadi "Pokoknya saya harus menjelajah Indonesia dulu baru liburan ke luar negeri"

HAHAHA. SO DAMN TRUE ! dulu gue juga selalu berorientasi kayak, 'Ya tuhan kapan yaa gue bisa ke luar negeri kayak si A,kayak si B . Kapan yaaa' Tapi akhir-akhir ini, gue berpikiran, kenapa sih sebegitu bangganya ya bisa keluar negeri? Dalem negeri sendiri aja lebih bagus kok, lebih aman, murah, eksotis. Bule aja mau kesini woy ! Dan makanya, temen-temen gue mungkin boleh bangga bisa pamer foto di salju, pamer foto di patung monumen diam gitu. Tapi lo sadar ga? Lo udah pernah belum nginjakin kaki lo di pulau kalimantan? Atau lo udah belum nginjakin kaki lo ke Indonesia WIT? Kayak papua? Maluku gitu? Belum kan? Dan sementara....kita lebih bangga udah menginjakkan kaki di luar benua. Kenapa luar pulau engga bangga? Engga kepengen?

My god, gue merasa diri gue mengalami kemajuan yang pesat banget dalam berpikir dan juga dalam konteks sisi nasionalisme gue sendiri :).


Ps.Well then EPIC JAVA ! You are just so epic !
Gue jadi ga sabaran merealisasikan trip KE JAWA TIMUR GUE TAHUN INI, KYAAAA~



Komentar

Postingan Populer