What is after 'Today is Yours ?

Jadi gue disini mau berbagi pandangan dan pemikiran dan kegundahan gue, setelah gue menjadi panitia wisuda di LFM di dalem sabuga.  Jadi fyi, Today is Yours itu adalah slogan yang sangat melekat dari acara wisuda ITB yang dilakukan 3x selama satu tahun ajaran (Wisuda Oktober, Wisuda April dan Wisuda Juni). Daaan gue selama wisuda, semenjak resmi menjadi kru (anggota) unit LFM, gue selalu berusaha ikut terlibat dalam kepanitiaan wisuda. Ya bukan gue ga tertarik buat arak-arakan himpunan sih, tapi gatau kenapa gue masih penasaran ama cara dan sistem kerja kepanitiaan wisuda LFM. Jadi setelah 2 wisuda, udah dua kali juga gue lewat arak-arak himpunan, daan udah 2x juga gue ikut kepanitaan dengan divisi yang berbeda. Yang pertama, gue coba jadi divisi keamanan di wisuda Oktober, yang well ga begitu signifikan karena kerjaan gue cuma jadi pembawa SD card, menegur orang luar yang memakai blitz di kamera, dsb. Dan finally ketika wisuda april, yang baru saja hari ini, gue jadi taraaaa Admin di Foto studio.



Dan yah, untuk kali ini....kepanitiaan wisuda kali ini agak membuka mata gue :'). Karena gue menghandle foto studio, yakni foto personal dimana wisudawan berfoto bersama temen-temen genk mereka, atau pacar (pendamping wisuda) dan tentu saja keluarga mereka, gue dapat melihat ibu-ibu yang rebel ama anak wisudawannya, bapak-bapak yang senantiasa membawa bucket bunga dan menenteng dengan bangga map ijazah berstempel ITB dari anaknya dan terkadang sampai membawa nenek, yang jalannya udah teratih, tapi masih sempet bela-belain ke sabuga dan panas-panasan. Dan ya dalam hati gue pengen nangis, ya gue kangen rumah :')

Gue jadi membayangkan, insya allah Juli 2016 nanti gue akan seperti mereka. Gue udah kebayang mama gue , apalagi papa gue pasti ga berhenti-ga berhenti ngomong sambil nenteng ijazah ITB gue dengan bangga, lalu Bang Ayi yang mungkin masih terkagum-kagum ama design gedung Sabuga dan ya tentu saja nenek dan Kakek gue, gue mau kakek gue yang terkena stroke itu wajib datang ke bandung ! Just like the grandfather I've seen today :'). Gue percaya 2 tahun lagi, mereka masih lengkap dan dateng ke wisuda gue dan foto bersama.
Dan ya mungkin (insya allah) gue masih ama Eno,yang jadi PeWe gue :p , ya dia mungkin wisudaannya bulan Oktober :p.

AAAAA. Gue tau gue mungkin lebay, gue baru tingkat dua, terus ngapain gue udah mikirin wisudaan. HAHAHA, tapi gatau kenapa, gue udah kepikiran. Gue bahkan udah menyusun rencana KRS gue tiap semester harus ambil matkul apa, berapa sks dsb, supaya gue lulus ga telat (ya abis gue beasiswa -.-). Dan satu hal yang selalu terpikirkan ama gue. Abis lulus dari ITB, terus apa yang bakal lu lakuin zet?

That's it. One Big Question , yang mungkin dilupain ama anak ITB.

Hmmm, gimana dengan gue? Abis lulus lu bakal kemana zet? Ya, ini semua ga terlepas gara-gara gue meilhat salah satu dari kakak tingkat atas di jurusan gue, yang padahal dia tu udah lulus oktober lalu, tapi masih sering banget main ke himpunan, bahkan dateng ke acara LPJ, sosialisasi himpunan gitu. Dan ya, gue gamau jadi kayak dia :(. Gimana ya, terkesan ya elah beroo, udah lulus ngapain masih nongkrong di himpunan sih.
AAA gue sih menganggap itu pathetic aja sih ._. Ya maksud gue elah, lulus ya lulus,get a real life. Dan makanya disini gue mau (harus) menuliskan apa rencana gue setelah gue lulus.




1. Part Time di Batan Bandung

Setelah selesai S1, gue udah niat mau S2. Karena tujuan gue kuliah, karena gue lebih mau menjadi researcher , peneliti atau segala profesi yang berhubung dengan akademik dan pengetahuan include dosen part time. Gue nyadar, gue ga suka jadi entreprenuer, *seriuss ga bisa dagaang*. Dan gue suka nulis, mungkin gue bisa lebih sering ngeluarin publikasi, paper dan semacamnya.

Tapi tentu saja, terkadang dan bahkan sulit untuk mendapat besiswa ke S2 terutama ke luar negri :(. But well keep trying ! Apalagi gue udah ad track record bagus S1 nya, jadi harapan selalu adaaaaa. Nah untuk mengisi waktu selama proses apply, gue harus kerja magang di BATAN. Detailnya gatau gimana, tapi karena gue juga penerima beasiswa dari BATAN, apalagi kayaknya gue ngerjain TA juga bakal di BATAN bandung juga bolak balik :p gue berharap mereka bakal mempertimbangkan bahkan memperbolehkan gue join dari bagian mereka. Dan well selama gue magang, gue bakal terus ikut kursus bahsa inggris dan jerman gue yang emang udah gue mulai dari dulu pas masih S1,. Jadi kan kecee pas udah keterima, bahasa asing gue oke. Nah terus siapa yang tau juga kaan selama gue kerja di BATAN eh terus keterusan kerja disana, eh malah pihak BATANnya yang bakal nawarin buat biayain S2 gue di luar. Tapi gatau deeng, pokoknya gue bakal coba di BATAN bandung dulu.



2. Selama magang, applying procces.

Nah selama gue udah dapet kerja di BATAN, gue bakal selalu nyari info terkait tentang beasiswa S2 yang ada diluar. Gapapa sih jepang atau korea, asal menurut gue jangan S2 di malaysia atau singapura aja (T___T terlalu deket, sama aja). dan tentu saja harus Beasiswa, gue gamau aja kalo kuliah di luar harus pake uang sendiri, mahaal. Gamauu, uang darimana gue, orang tua guee. Kasian, living cost dan tiketnya juga udah najiis gue kalo bayar sendiri, makanya kudu beasiswaa. Gue bakal selalu coba apply keberbagai program beasiswa, dan semoga cuma butuh 6bulan, application gue bisa langsung diterima ya Allah, amiin.



3. Yey, S2 di luar !
Ketika gue S2 di luar, ada satu permasalahan lagi sih yang tersisa yakni : Gimana dengan pasangan gue (pacar). Kapan gue nikahnya? Naah ini sebenernya yang harus dipertimbangkan juga ketika gue mau pergi dan lanjut S2 diluar. Haruskah kita keluar negerinya bareng? atau.....nikah dulu sebelum s2? Gamau sih nikah dulu T__T, gue sih maunya abis S2 atau abis pulang dari S2 nya baru langsung nikaah. S2 juga cuma 2 tahun juga kan yah? Sebentar doang kaan.Nah makanya gue berharap pendamping hidup gue pas itu orang nya super pengertian daan mau menerima, hihihi :p
Jadi ya itu sih, Intinya visi gue selesai S1 tentu saja harus S2 di luar negeri dengan beasiswa. (beasiswanya di Bold super super super). Dan misi misi yang gue tetapkan tentu saja pertama gue harus menuntaskan S1 di itb gue secara memuaskan, biar transkip nilai gue untuk apply ga malu-maluin. Yang kedua, kursus berbagai bahasa asing, selain nambah wawasan bisa dijadikan modal sekalian. Yang ketiga adalah membuat koneksi, link sebanyak-banyaknya di bidang nuklir dan di kampus, kayak link internal di BATAN, dan ga lupa dosen-dosen nuklir di ITB biar gue bisa ikut proyekan mereka, hihi dan tentu saja dengan mahasiswa jurusan lain, ya kan anak-anak ITB calon menteri semua :p. Dan yang terakhir,tentu saja doa . Gue udah harus mulai agenda rutin gue yang lama nih, solat tahajuud. Huhuhu

Mungkin sebagian orang yang membaca ini bisa berburuk sangka dan mengecap 'Elah, emang lu kira kuliah di luar negeri segampang itu?'. Ya tapi gapapa, karena menurut pengalaman pribadi gue, segala hal yang lu mimpikan dan lu inginkan, ga ada salahnya kalo elu tulis. Karena setiap mimpi yang elu tulis, 75% kemungkinannya tercapai wallahualam loh :) Gue udah pernah membuktikannya sendiri, dan ya karena itu gue menuliskan kembali mimpi gue ini. Selain itu untuk diri kita sendiri di masa depan,  juga biar ketika diri kita hilang arah, ga ada tujuan,  depresi, lu bisa baca-baca lagi ini sebagai wake up call dan alarm lo yang insya allah ga bakalan mudah terhapus dibanding mimpi-mimpi lu yang lain yang ga lu tuliskan.

Okaai, sekian itu aja sih share pengalaman setelah jadi panitia wisuda di sabuga hari ini. Pengalaman menjadi seorang admin foto studio yang berhadapan langsung dengan wisudawan dan orang tuanya hari ini, sungguh telah membukakan mata gue dan memberi inspirasi ke diri gue untuk selalu senantiasa mengingat seberapa pentingnya kehidupan lu pasca euforia kelulusan lu :')


Ps. Teruntuk Sarah Azzahwa di bulan April 2016, jangan lupa postingan ini :*




Komentar

Postingan Populer