Persiapan Paris : Hal-hal yang harus diperhatikan ketika membeli tiket pesawat ke Eropa

Berikut adalah beberapa hal yang menurut gue harus diperhatikan sebelum membeli tiket pesawat ke Eropa. Kadang kala mayoritas orang akan langsung membeli tiket pas lihat harga murah. Menurut gue pribadi sih, biar gak zonk zonk banget dan berpotensi merepotkan elu di liburan masa depan, 10 poin berikut penting banget sih buat jadi konsiderasi :

1. Selalu cek harga pesawat eropa dari SGN dan KUL sebelum beli dari CGK

Yap !
Sebagai seorang Warga Negara Indonesia yang sangat patuh bayar pajak dan juga selalu bangga dengan negaranya : rate penerbangan dari CGK ADALAH OVERPRICEDDDDDDD wkwkwkw GUE KESEL BANGET ya allah kenapa ini bisa terjadi. 

Kalau lo pada ga percaya, silahkaan di cek dan lakukan sendiri perbandingannya. Berikut adalah cuplikan dari cek harga melalui aplikasi traveloka yang gue lakukan. Kesimpulannya? Yes, flight dari KUL selalu lebih murah (bahkan ketika udah lo tambahkan dengan biaya terbang dari CGK ke KUL itu sendiri loh).

Gambar 1. Ini Flight dari CGK ke Paris (perhatiin yang gue garis lingkarin)


Gambar 2. Flight dari SGN ke Paris (perhatiin yang gue garis lingkarin)



 
Gambar 3.  Flight dari KUL ke Paris (perhatiin yang gue garis lingkarin)



Sedih ga sih lo? Tinggal di negara kayak gini T__T. Gue ampe detik ini penasaran sih apa yang bisa menyebabkan perbedaan rate tiket antara CGK dan KUL jadi sejomplang ini. Korupsi kah? Birokrasi kah? Atau Technical Aviation factors? Please kalau kalian para pembaca ada yang bisa mencerahkan saya apa saja penyebab harga tiket antara kita dan negara tetangga bisa jadi jauh banget, PLEASE DO EMAIL ME ! Daripada gue bisa mati penasaran meratapi nasib kenapa tinggal di Indonesia sangat menyebalkan ! 

Nah karena itulah, setelah melihat kapasitas bagasinya dan juga cek berapa rate penerbangan CGK-KUL-CGK pada tanggal yang sama, gue memutuskan beli penerbangan ke Paris nya dari negara tetangga. Karena harganya yang udah jompang. Airfrance dari CGK itu belum terhitung dengan biaya bagasi yang harus gue bayarkan setiap penerbangan loh (tadi gue cek di websitenya, kalo gasalah 30-75 USD/flight). Yaa itung sendiri lah itu gue bakal butuh 2x flight. Jatuhnya masih mureh dari Kuala Lumpur.

2. Lama Transit (please be mindful to spare your transit time minimal 6 hours)

Nah ini juga yang super bahaya dan kadang skip bagi para pelancong awam kayak gue. Untungnya gue punya banyak temen temen yang udah pengalaman ke luar negeri jauh jauh, mereka selalu wanti wanti buat merhatiin durasi waktu transit. Apalagi kalo lo ampe beda maskapai. Kenapa harus merhatiin waktu transit? Karena ada kemungkinan : 

  • Jadwal penerbangan lo yang sebelumnya delay
Meskipun ini international flight, bukan penerbangan lokal dari Jakarta ke Bangka yang udah biasa delay, tetap saja kemungkinan delay ini bisa banget terjadi. Dan walo delay-nya sesederhana cuma 30 menit, it will costs you a lot of time. Tahu sendiri kan seberapa lama pesawat lo kemudian abis landing terus kudu parkir-parkir alay gitu? Belum lagi waktu lo turun dari pesawat yang bakal supeeeeeeeer lama. Kemudian hal ini diperparah, kalo lo dapet seat seat yang super belakang (ya lo bayangin aja kalo udah naek pesawat format 3-4-3, ada sekian ratus penumpang yang mau turun juga di waktu bersamaan)

  • Kudu pindah ke gedung terminal yang berbeda meski dalam satu bandara yang sama 
Sesederhana lo harus hitung waktu buat naik shuttle airport antar terminal. Kebayang kan? Belum juga lo pindah terminal itu di sebuah bandara asing yang lo gak pernah injek sebelumnya. Makin dah itu peer nyari pintu keluar, nyari tempat tunggu airport shuttle nya.

Btw, bisa banget cara mengetahui pindah terminal/enggak dengan cara googling "XXX flight from paris to hongkong". Nanti bisa ketahuan dan memberikan bayangan aja sih, kerebekan dan kerempongan selama transit bakal gimana di hari-H. Contoh seperti ini :
 
 Gambar 4. Hasil googling antar terminal selama transit nanti

Jadi lihat kan bayangannya. Ketika berangkat,dari Jakarta gue akan start dari terminal 2 di CGK mendarat di Kuala Lumpur pada terminal 2 bandara KUL. Nah sampai di Kuala Lumpur, gue harus nunggu bagasi (karena beda maskapai penerbangan, dari Airasia ke Cathay) kemudian lanjut pindah terminal dari terminal 2 menuju terminal 1 bandara KUL untuk naik pesawat Cathay menuju Hongkong. Nah tiba di bandara hongkong di terminal 1, ternyata gue ga bakal perlu pindah pindah terminal lagi, karena terminal keberangkatan di Bandara Hongkong menuju Paris adalah terminal yang sama yakni 1.

Wkwkwk, mungkin bagi beberapa orang ini lebay. Tapi karena gue bakal sendiri banget berangkatnya, menurut gue informasi ini penting aja sih buat gue tau dan gue print pas hari H.

Btw, gak perlu khawatir 'tiba tiba bandaranya renovasi kek atau ada perbaikan kek, dsb. Informasi yang tersedia di google melalui data OAG ini super update. Bahkan kalau lo mau melihat trend/pola apakah flight tersebut sering mengalami delay/engga, lo bisa cek data log in pada hari-hari sebelumnya. Canggih emang teknologi jaman sekarang cui, kudu banyak bersyukur dan dimanfaatin seoptimal mungkin. Cukup dengan keyword

"cathay flight from kuala lumpur to hongkong"

Tadaaa gue bisa dapat track record setiap flight :



Gambar 5. Hasil penulusaran tentang ketepatan waktu dan informasi terminal penerbangan.

Okee, lanjut ke nomor selanjutnya yaa.

3. Antrian buat security dan immigration check

Ini juga harus lo pertimbangin tentang kapasitas bandaranya dan jam tiba elu di bandara tersebut. Contoh, Kalau elu tiba di bandaranya pukul 10 malem atau 3 pagi buta, ya dipastiin antrian imigrasi bakal sepi sih. Tapi perhatiin juga, bandara nya dimana. Ini yang jadi pertimbangan gue pas mau pesen tiket pesawat Saudia Arabia Airlines. Semua umat muslim Indonesia kayaknya udah kenal banget ama maskapai ini. Ini istilahnya Garuda Airline-nya pemerintah Arab sih, terutama untuk para jamaah haji dan juga jamaah umroh.
Nah kalau lo naik Saudia airline, apalagi transit di bandara Jeddah, perhitungkan aja ketika lo antri immigration check nya, mau gak mau bakal bersama para jamaah umroh indonesia. Itung sendiri dah itu bakal abisin waktu berapa lama wkwk. Ini juga menjadi alasan tersendiri gue sih kenapa gue gamau naik Saudia Arabia apalagi transit di bandara Jeddah. Pertama, bandara Jeddah itu supeeerrrrrr kecil. Kedua, visitor yang menggunakan bandara Jeddah adalah banyak karena didominasi oleh Para Jamaah Umroh setiap waktunya tanpa kenal mau jam 10 malem/jam 3 pagi.
4.  Kudu ambil dan nunggu bagasi
Nah ini cuma kejadian kalo lo beda maskapai sih. Tapi tau sendiri kan seberapa lama itu nungguin bagasi.

Kalau masih satu maskapai masih enak sih. Tapi gak menjamin lo bisa santai meski satu maskapai, kalau dia delay. Pernah senior kantor gue cerita, walau sama sama satu maskapai, pernah pesawat dari Indonesia menuju Singapur-nya delay ampe 1 jam, nah jarak transit di Bandara Changi cuma 2 jam. Walhasil, dia kudu lari marathon itu buat urusan imigrasi lah dan juga biar buru buru masuk pesawat. Dan pas dia masuk pesawat juga udah di pelototin ama penumpang lainnya yang udah duduk di dalem pesawat yang mau berangkat wkwkwk. Belum lagi kalo bawa cabin baggage. 

Wkwkwk kebayang kan kalo beda maskapai, terus delay terus waktu transit-nya super mepet? Udah pasti tiket bakal hangus.

5. Jam pesawat tiba di kota Eropa dan juga Jam keberangkatan pesawat dari Eropa  

Nah poin ini yang kadang suka missed juga buat jadi bahan pertimbangan orang orang yang beli tiket pesawat. Kenapa penting? Akan gue bahas dari perspektif beli tiket kedatangan dan tiket keberangkatan.

Ketika lo pesen tingket kedatangan. Usahakan jangan pilih waktu tiba yang super malam atau mepet malam (apalagi tiba JAM 1-5 PAGI WKWKWK). Pertama, lo akan tiba di sebuah kota yang gak pernah lo injak sebelumnya dan lo gatau apa-apa tentang kota itu. Kedua, kemungkinan lo terkena jetlag sehingga berpengaruh pada kesadaran dan tingkat kewaspadaan elu sehingga berbahaya ketika lo maksa baru sampe bandara terus udah kudu jalan lagi biar sampe hotel dengan cepet. Ketiga, lo pikir aja kalo lo tiba malem atau pagi buta, akses transportasi dari bandara menuju pusat kota super asing itu, lo mau pake apa cuk? Ya kecuali elu udah ada temen bule/keluarga yang jemput atau ya elo udah booking jasa transportasi antar jemput bandara yaaa it is okay. Keempat, amit amit terjadi gangguan/delay sehingga dari awalnya di tiket maunya elu sampe jam 18.00, eh jadi bergeser tiba di sananya jadi 21.00. Sama aja peer, udah malem, udah ngantuk, kudu ambil bagasi lah, kudu mikir cara sampe ke pusat kota yang super asing. Gak lucu kan, baru sampe kota Paris eh lo kecopetan di perjalanan dalam kereta bandara ke Paris cuma karena lo lengah dan kecapean? Kelima, sesuaikan juga dengan waktu check in hotel lu. Ga lucu kan kalo lo sampe jam 09 malem di Paris eh baru bisa check in hotel jam 14.00 siang wkwkw.

Vice versa juga untuk pesen tiket pulang.
Berkebalikan dengan sebelumnya, malah gue rekomendasikan pesen tiket pulang SEMALEM mungkin. Hal ini agar memudahkan elu cabut dari hotel/kota nya sesantai mungkin menuju Bandara. Contoh nih, kalau lo pesen tiket pesawat dari London ke Indonesia nya jam 21.00 malem, ya lo bisa packing dulu di kamar hotel jam 07.00, kemudian baru beneran cabut jam 09.00. Kelamaan di bandara? No problem sih menurut gue. Malah keuntungannya, lo bisa bisa jalan jalan dulu liat bandara internasional negara orang dan explore-explore.

Nah coba bayangin kalo ternyata lo pesen tiket pesawatnya jam 07.00 pagi??? Lo harus berangkat dari hotel jamberapa oi? Terus mau naek apa jam 4 pagi buta?

Just please be mindful with this detail yaaa.
6. Kota Transit (bakal butuh visa transit atau endak?)

Nah ini juga penting sih. Ini salah satu pertimbangan gue ketika memutuskan maskapai apa yang akan gue pilih untuk penerbangan gue. Kalau lo transitnya masih di Asia Tenggara, well guess what? We are so lucky karena kebijakan seluruh negara di asia tenggara adalah membebaskan visa untuk semua penduduk negara tersebut.
Jadi jika ke eropanya pake Thai Airlines atau Vietnam Airlines, sangat aman karena transitnya di Bangkok /Ho chi min city yang ga butuh urus visa.

Nah kalo gue, gue pilih maskapai Cathay Airlines yang selalu transit di Hongkong. Kabar baiknya, negara hongkong adalah satu dari sekian negara yang membebaskan visa untuk WNI. Jadi gue ga perlu khawatir memikirkan apakah gue butuh visa transit atau engga.
 

7. Maskapai (ada moslem meals atau enggak
Sebenernya ini gak bakal menjadi masalah sih. Selama airplane nya sudah 4-stars, mereka pasti menyediakan jasa layanan menyediakan moslem menu dan sebagainya. Hal ini tentu akan sangat penting bagi kalian para muslim traveller yang sangat strict terkait makanan. Kalo gue sih......wkwkwkwk gamau pesen khusus, ya paling gue bakal tetep milih menu ayam aja. Soalnya gue abis baca blogs ini. Intinya mba mba itu ngomel dan nyesel sih ganti menu jadi moslem menu. Dia ampe nulis begini :
"....Kyaknya enakan klo standar aja deh, ga usah milih, yang penting halal. Makanan yang disajiin standar enak-enak loh. Waktu penerbangan dari Jakarta-Hongkong, asliiiiiiiiiii langsung nyesel banget milih makanan."

Gue aja baru tau loh, selain moslem meals ternyata banyak menu lainnya. Kayak menu diabetes, menu terkait free gluten juga ada. Nah intinya ini semua harus dipesan jauh jauh hari sebelum hari-H penerbangan. Bukan karena stock persediaan terbatas, tetapi biar disediain ama maskapai nya jauh jauh hari. 

Tapi ya jangan berharap banyak kalau pesen meals khusus gini bakal lebih terbatas pilihannya dibanding reguler menu. Ya beralasan banget sih, pertama karena elu udah minta perlakukan khusus ya otomatis menu lo 1 orang bukan prioritas dibandingkan menyediakan menu makanan untuk 100 penumpang lainnya. Ya gue sih mending tetep makan, asal gak ada babi aja sih kalo prinsip gue :p wkwkwk.

Gue tekankan ini, karena ini akan berguna terutama untuk kalian kalian yang berpergian ama bokap nyokap yang pasti sangatttt rempong terkait makanan halal, wkwkwkw. Daripada elu dimarahin bokap nyokap kaan selama di pesawat, ya makanya kudu perhatiin ini. Daripada bokap nyokap kalian  ngambek terus jadinya gamau makan selama penerbangan terus entar malah bikin mereka atit peyut terus malah bikin elu sendiri yang rempong selama liburan kan? Wkwkwkwkwk. Atau kalau ga mau rempong, ya pesen aja maskapai timur tengah kayak Etihad /Emirates/Garuda. Karena kalo maskapai-maskapai tersebut, dapat dijamin sih semua makanannya halal dan menu utama paket regulernya pasti halal.


 Gambar 6. Cara pesan menu khusus selama penerbangan


Dan berdoa aja, kalian ga dapet penumpang 'tetangga' yang tidak alcoholic. Wkwkwkw, ini pernah kejadian ama temen malaysia gue pas kita penerbangan dari Kuala Lumpur ke Kansai, Osaka. Selama 6 jam, penumpang bule cina sebelah dia kerjaannya minta minuuum alkohol mulu ke pramugarinya. Dan lo tau sendiri kan , bau alkohol tu sangat kuat apalagi kalo jarak duduk pesawat deket kayak gitu.

Yodah deh, dia nahan hati aja itu selama 6 jam duduk disebelah orang lagi mabok dan berbau alkohol wkwkwk.

8. FREE BAGGAGE ALLOWANCE

Nah ini super bahaya. Walo lo mau backpacker kek , apa kek. Lo pasti butuh bagasi. Menurut gue ga mungkin lo liburan ke suatu negara eropa , cukup hanya membawa bagasi kabin. 

Dan juga, belum lagi kemungkinan elu khilaf selama liburan sehingga bawaan lo jadi beranak pinak kan? WKWKWWK. Apalagi untuk para kalian yang udah buka jastip, beh bagasi menjadi kuncii untuk kalian semua yaa. Ini juga alasan kenapa gue ga pernah minta beliin/nitip aneh aneh ke temen temen gue yang liburan ke Eropa. Pertama, pikirkan pajak yang akan ditagihkan oleh temen lu ketika mereka check in dibandara. Kedua, bagasi temen lo juga terbatas kali wkwk. Makanya, gue gak pernah mau repotin temen temen gue buat beli oleh-oleh, karena gue sebagai sesama traveller sangat tahu betapa mahalnya harga bagasi wkwk.

Terkait baggage allowance ini juga, ada satu hal yang harus lo perhatiin dari tiap maskapai. Jadi ada nih, maskapai yang membolehkan elu sebagai penumpang ekonominya untuk bagasi sebesar 25-30 kilogram. Tapiiiiiiii, ini 30 kilogram untuk berapa buah barang koper/tas nya? Karena ada loh, ternyata lo cuma boleh bawa 1 koper/ atau 1 tas aja yang dianggep udah 25 kilogram. Artinya, kalau koper lo beranak/lo bawa tas tambahan ke bagasi, itu ga diperbolehkan meskipun total 2 koper elo masih dibawah 25 kilogram. Nah mati kaan luuu wkwkwk.



 Gambar 7 . Contoh kebijakan bagasi di Cathay Airlines

Nah kalau di maskapai cathay, kebijakan bagasinya boleh bawa 2 koper/tas dengan total 30 kilogram. Jadi kalo amit amit koper gue beranak satu, masih diperbolehkan wkwkwk. Silahkan dicek ya guys kebijakan maskapai masing-masing, jangan ampe zonk. Lo bisa cek di website ini https://www.sendmybag.com/airlines

9.  Kemudahan refund/reschedule
Nah ini juga menurut gue penting sih. Pertama buat jaga jaga aja kalo amit amit visa lo ditolak dan padahal hari keberangkatannya udah super dekat. Yang kedua, jaga jaga ada suatu force majeur yang menyebabkan perjalanan lo jadi batal karena negara bersangkutan sedang mengalami suatu krisis (baik itu karena wabah virus , konflik atau suatu kondisi politik tertentu seperti demonstrasi nasional berkepanjangan). 

Memang sih refund/reschedule akan membebankan sejumlah fee yang sangat lumayan. Ini aja, tiket pesawat Cathay gue boleh gue refund, tapiiii karena kelasnya ekonomi yaaa gue bakal kena refund fee nya sebesar MYR 1000. Padahal total harga tiketnya aja sudah MYR 2442 WKWKWKWK. Jadi yaa memang amit amit aja sih kalau gue ampe harus refund tiket pesawat (doakan yaa visa nya granted dan kondisinya lancar). 

Opsi resechedule menurut gue akan lebih menarik dibanding refund sih karena fee nya akan lebih murah dibanding refund. Ini yang lebih mungkin gue ambil kalau saja amit amit terjadi suatu hal di hari H sehingga keberangkatan gue harus gue tunda hinga beberapa bulan.
10. DAN SELALU CEK selisih harga antara di aplikasi aplikasi terhadap harga di website maskapai langsung

Ini juga penting sih. Untuk screening awal, gue selalu memakai aplikasi traveloka dulu, karena traveloka akan melakukan ranking maskapai berdasarkan harga. Tapi harus satu hal yang disadari, semenjak ada konflik, maskapai air asia tidak tercantum lagi pada aplikasi traveloka. 

Nah jadi ini penting sih, terutama ketika gue mencari penerbangan dari CGK menuju KUL. Tapi untuk penerbangan eropa, ketidakhadiran airasia ini tidak begitu berdampak mengingat airasia ga ada jalur penrbangan kesana. Tapii kalo lo lagi cari tiket pesawat ke Asia terutama asia tenggara? Gue gak saranin pake aplikasi traveloka.

Ada sebuah alasan utama kenapa harus membandingkan dengan pemesanan melalui website maskapainya? Karena ada perbedaan harga terutama perbedaan fitur. Kayak contoh nih, di aplikasi traveloka harga pesawat Cathay ke Paris memang lebih murah 100ribuan, tetapi tiketnya di traveloka gak bisa refund dan resechedule sama sekali.

Nah bedanya, pas gue cek langsung ke website Cathay, tiket pesawat dengan tujuan Paris pada hari yang sama dan jadwal penerbangan yang sama, bisa bisa aja di refund dan reschedule, tetapi memang lebih mahal tapi cuma selisih Rp 100ribuan sih.

Itu baru terkait fitur refund dan reschedule loh ya. Berbeda lagi pas gue cek maskapai Vietnam Airlines. Gue kemarin ampe bingung....kenapa ya ini harga Vietnam Airlines di website nya bisa sampai Rp 8.8jutaan dengan bagasi, tapi di tr*vel*ka , harga vietnam airline cuma Rp 7.3 juta tetap dengan bagasi.

Karena kepo dan curiga, gue coba telpon langsung ke call center Vietnam Airlines. Pas nelpon, gue udah siap siap aja kesel gak bakal diangkat angkat ini telepon gue, karena gue baca review di google, kantor Vietnam Airlines di Jakarta itu gak pernah mau angkat telpon wkwkwk.

Cukup 3 dering, telepon gue langsung di angkat oleh mba CS nya (rejeki anak soleha emang gini). Dan gue langsung kepo , nanyain kok bisa beda harga ya antara di traveloka dan di website Vietnam Airline. Eh gataunya, mbaknya cerita dong gini :

"Oh iya Mbak. Sering kejadian gitu. Jadi orang yang pas pesen di tr*vel*ka, pas di tampilan booking memang ditampilkan free bagasi 25 kilogram. Nah tapi pas kemudian udah bayar dan issued tiket dari tr*vel*ka, dalam tiketnya hilang itu free bagasinya.
Jadi saran saya mending pesan langsung di website Vietnam Airlines, bisa saya bantu juga pemesanannya melalui telepon ini"

NAH LOOO WKWKWK, ZONK KAAN kalo gue ampe ga nelpon dulu ini ke vietnam airline. Bagus bagus gue mau murah, udah ada free bagasi 25 kilogram, eh gataunya gak ada bagasi. Ya ini bukan menjelekkan aplikasi tr*vel*ka sih, tapi bisa aja aplikasi tr*vel*ka ada bugs-bugs sehingga terjadi perbedaan informasi.

Oleh karena itu, menurut gue penting banget buat crosscheck harga antara aplikasi dengan website maskapainya langsung yaa.



Okeeh, sekian tulisan gue mengenai  Hal-hal yang harus diperhatikan ketika membeli tiket pesawat ke Eropa (walaupun menurut gue bisa juga sih buat ke negara lain). Totalnya ada 10 hal, kalau ada yang mau nambahin lagi boleh banget. Silahkan dishare pengalamannya bisa melalui kontak email gue atau kolom komentar. Intinya, Jangan sampai zonk yaaa.
Tolong inget, ajaa kalau budget buat tiket pesawat itu sudah memakan 30% dari total budget liburan wkwkwkw.

Stay tuned !

Komentar

Postingan Populer