Berbuat Kebaikan secara gratis memanfaatkan Promo !

Lol, jadi gue masih pengen cerita mengenai atasan gue di kantor. I could say he inspired me to do this. Jadi seperti biasa, si 'Papa' ini suka banget mampir ke meja meja kerja kita, staffnya.
Entah itu pas jam kerja maupun di luar jam kerja. Dan tentu saja ketika di luar jam kerja, bahasannya pasti bukan bahasan kerjaan, alias random.

Jadi beliau cerita, bagaimana dia sangat bangga suka memanfaatkan promo-promo yang dia dapat, tetapi untuk bersedekah. Gue awalnya ga begitu ngeh dengan konsep ini, tapi setelah gue pikir, hmmmm kok gue gak kepikiran ya ngebahagiaan orang asing yang kurang beruntung dengan cara kek gini? Cara Beliau?

Ya gue sih udah tau dan sering melakukan teknik berbagi dengan sesama, as simple as buying other people products. Yaa kayak contoh beli dagangan tape bapak-bapak tua/ibu ibu tua yang padahal kita lagi ga minat/mood makan tape, tapi ya beli buat bantu mereka aja, karena kita mengapresiasi mereka lebih berusaha untuk dagang dibanding minta-minta.

Nah jadi, si Papa, ngajarin gue dan temen-temen gue, cara lain buat naikin lepel lepel bersadaqoh kita terutama anak muda yang suka memanfaatkan promo promo di aplikasi onlen. 

Gue gak tahu sih, kalian sudah pernah denger ini atau bahkan mempraktekannya, tapi gue suka aja sharing di blogs ini.

Jadi bagaimana caranya? Membantu total strangers melalui aplikasi onlen? 
Okey, it is a total cliche kalau praktiknya memesan orderan makanan melalui gofood/grabfood, kemudian kita langsung chatt ama drivernya "Sori mas, itu saya pesan untuk mas. Silahkan dimakan yaa, semoga membantu rezeki mas"

Ini juga salah satu cara sih. 
Tapi cara yang lain adalah : memanfaatkan promo potongan harga, untuk membeli 1 paket makanan tambahan untuk drivernya. Atau bahasa sederhananya kata si Papa begini kalo versi dia (oh ya, style bicara beliau kalau ngobrol selalu pake gue-elu, bahkan ke staff dia paling bawah, menurut analisa gue sih ini salah satu strategi beliau biar makin akrab dan ga canggung)

Papi : Jadi ceritanya gue abis jalan jalan di mall deket rumah gue ama bini ama anak gue kan. Seperti biasa pake mobil, gue yang nyetir kayak biasa. Nah ternyata pas gue mau pulang, bayar parkiran, gue bayar pake aplikasi OVO kan, nah gataunya gue dapet promo tu, berapa ya? 50ribu apa buat parkir gue udah 5-6 jam itu selama jalan jalan di mall. Gue seneng kan mayan gue dapat ngehemat parkir 50ribu. Nah kemudian pas gue mau keluar, kan ada satpam-satpamnya tu, yang sering arah-arahin mobil biar enak keluarnya. Nah gue kepikiran aja, kan gue seharusnya bayar 50ribu ya hari itu? Tapi karena dapet promo, gue gak perlu bayar. Terus, gue mikir, gue juga gak rugi-rugi amat keknya kalo gue kasih tips cash selembar 50ribu ke satpamnnya. Gue mikir malah dapet dobel untung dong, pertama gue udah sedekah gue dapet pahala dari Tuhan yang Maha Esa, kedua gue hari itu udah bisa bikin bahagia satpam itu nerima 50ribu tanpa perlu mengeluarkan sepeser pun.

Dan kita sebagai anak baru, well at least gue, gue jadi mikir. Ya bener sih, ya iya juga ya?

Dan setelah gue pikir, keunggulan dari mindset ini adalah simpel. Lo gak perlu mikir, lo harus punya 'duit lebih' dulu untuk dapat bersedekah ke orang lain di hari itu.

Kalo kita pake cara klise yang beli makanan ke driver, ya itu kan kita lakukan karena punya duit berlebih, sehingga jatuhnya hanya akan incidental alias ga rutin.

Tapi kalau menggunakan cara beliau? Hal ini dapat gue lakukan rutin bahkan tiap gue melakukan pembelian. Gue jadi selalu berusaha belanja makanan yang ada promo-promo nya. Nah dan satu lagi, syarat buat bisa pakai promo kan kita harus ada pembelanjaan minimum? Iya kan? Nah kalau kayak contohnya gue anak kost, yang cuma hidup sendirian, dan kadang cuma pesan 1 paket menu untuk diri gue sendiri, promo-promo yang ada di aplikasi gue ini jarang banget gue pake. Alesannya simpel, karena gue cuma pesen untuk diri gue sendiri, harga 1 paket menunya gapernah cukup untuk minimum order promo.

Tapi semenjak gue menerapkan cara si Papa untuk bersedekah ini, gue bisa dapet dua-duanya : Pertama, harga paket gue lebih murah bahkan jatuhnya free ongkir. Kedua, gue bisa bahagiain driver gue dengan membeli dia paket makanan (walo paket termurah di resto itu, tapi dia kan mana tau kalo itu paket termurah hehe). 




Contohnya ini, gue simulasikan perhitungannya biar kalian kebayang. 

Untuk makan siang, gue lagi ngidam makan sayuran, jadi gue putuskan beli makan siang di restoran Gado Gado Cemara di Setiabudi One. Dengan kode promo, gue bisa dapat potongan 40% tapi dengan minimal pembelian Rp 60.000. Nah kalau seandainya gue cuma pesen untuk diri gue sendiri, gue hanya belanja sebesar Rp 51.000 dan itu plus ongkirnya Rp 4.000 baru total Rp 55.000.

Tapi kemudian kalo gue memutuskan untuk bersedakah dengan membeli makan siang untuk driver gue juga, hanya dengan memilih 1 paket  menu makanan termurah di resto itu yakni Paket Gado-Gado Medium seharga Rp 27.000, gue malah bisa lebih saving. Utamanya, karena gue bisa dapat potongan sebesar Rp 31.200.

Jadi untungan mana coba?
Gue egois dan hanya pesen menu untuk diri gue sendiri, maka gue bayar Rp 55.000.
Gue bersedekah dengan cara, kalau gue pesenin driver gue makan siang juga, gue hanya perlu membayar Rp 50.800.

See? This is how it works.

 Ini kejadian juga pas gue lagi pengen nyemil di tengah WFH, dan kemudian memutuskan beli cemilan D'crepes. Simple sih karena ada kupon promonya, tapi gue harus minimal belanja Rp 40.000.

Caranya? Ubah mindsetnya ! Jangan pesen 1 menu paling mahal biar bisa mencapai minimum promo, tapi beli lagi 1 paket menu termurah untuk driver lo.




 Hasilnya? Gue tetep bisa menikmati paket Crepes gue dengan harga lebih murah yakni 26.500 dan juga gue gak perlu bayar ongkir nya 3.000. Dan kabar bahagianya , gue kebetulan dapat drivernya mbak-mbak yang pake sepeda Grabfood. Dia mungkin kaget kalau ternyata itu untuk dia dan juga, siapa yang tau kalau sebenernya dia mungkin ga pernah beli makanan kek gituan atau belum pernah makan di resto itu.

Iya kan?
Jadi jangan berhenti berbuat kebaikan ! 
Be Creative to Share yours to others !
 










Komentar

Postingan Populer