Niat mengambil tes IELTS Computer Based di tahun 2021


Hai hai

Jadi semenjak pandemi, terhitung November 2020, gue memutuskan untuk mengambil tes IELTS tapi format komputer. Ada banyak alasan sih kenapa ingin mencoba tes berbasis komputer dibanding berbasis kertas :

  1. Pengen coba dan punya pengalaman baru aja sih wkwk. Jadi kan gw sebenernya sudah pernah tes IELTS tapi 4 tahun yang lalu sih yakni 2016 lalu :)) Nah jadi ingin membandingkan aja apa perbedaan signifikan antar kedua format tersebut
  2. Sepertinya, mengerjakan tes writing dengan cara mengetik di komputer akan jauh lebih efisien dan efektif dibanding dengan mengerjakan nya melalui tulis tangan. Pertama ketika menghapus kalimat...tidak perlu menggunakan penghapus sehingga tidak ada kesan jorok. Kedua penghitungan jumlah katanya akan dilakukan secara otomatis apakah sudah 250 kata atau belum. Menarik gak sih???
  3. Untuk tes listening, juga keunggulan utamanya adalah peserta ujian akan disediakan masing-masing sebuah  headphone, sehingga insya allah lah yaa kualitas audio nya akan jernih sekali sehingga bisa membantu fokus.
  4. Ada timer digital dan dengan format hitung waktu mundur ! Gue pribadi tiap latihan IELTS mandiri dirumah, selalu pake timer digital mundur dihape. Jadi ini sangat menguntungkan karena bisa disesuaikan dengan susana latian rutin biasanya. Kalau dulu tes manual pake kertas......cuma disediain sebuah jam di ruangan tes, dan itu juga posisi jamnya dibelakang para peserta...jadi kadang bikin lupa waktu dan buang buang waktu tiap harus menoleh ke belakang. Yeay ! Semoga ini membuat lancar deh.
Jadi doakan gue ya para pembaca untuk hasil tes IELTS kedua ini melalui komputer. Insya Allah sih sebelum semester II 2021, harus sudah ambil tes nya, karena apply beasiswa S2 nya idealnya sih mulai Februari hahaha, tapi gatau kenapa aku bingung dan ga pedean kalo ambil tesnya Januari ini. Jadi ya sudahlah.

Nanti kalau sudah tes dan hasil memuaskan, aku akan tuliskan lagi pengalaman aku selama ujian dan juga persiapannya bagaimana ya.
Dadaaah



Beberapa tautan berguna sebelumnya yang masih terkait IELTS :

  1. Alasan kenapa memutuskan IELTS komputer dibandingkan IELTS kertas : klik ini
  2. Pengalaman mendaftar dan membayar IELTS Komputer di IALF : klik ini
  3. Pengalaman terkait lanjutan pendaftaran tes IELTS di IALF Kuningan selama Pandemi Corona : klik ini
  4. Pengalaman tes IELTS di IALF selama pandemi Corona : klik ini
  5. Hasil tes IELTS kedua selama pandemi : klik ini

Komentar

Postingan Populer